ANALISIS SIMULASI BANDWIDTH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCQ (PER CONNECTION QUEUING) UNTUK MENINGKATKAN QoS (QUALITY OF SERVICE)

SINDY ARTA SUTARMAN

Informasi Dasar

21.04.1723
004.0688
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengguna internet saat ini memiliki mobilitas yang sangat tinggi, banyaknya pengguuna internet menyebabkan sering terjadinya kendala salah satunya disebabkan oleh bandwidth. Kenadala-kendala tersebut salah satunya yaitu tidak meratanya pembagian bandwidth. Maka dari itu manajemen bandwidth sangat dibutuhkan dan sangat penting. Sering terjadinya pembagian bandwidth yang tidak merata mengakibatkan satu pengguna dapat mengakses internet dengan lancar sedangkan pengguna lainnya lambat dalam mengakses internet atau bahkan sama sekali tidak dapat mengakses internet. Dari permasalahan diatas penulis melakukan managemen bandwidth dengan menggunakan metode PCQ (Peer Connection Queuing) pada Mikrotik dibantu dengan Queue Tree. Dengan menggunakan metode PCQ maka alokasi bandwidth akan dibagi merata pada setiap user. PCQ juga dapat mengoptimalkan bandwidth internet dan dengan metode PCQ maka kualitas dari jaringan juga akan meningkat. Penulis mengunakan parameter dari QoS (Quality of Service) yaitu throughput, packet loss, delay, dan jitter untuk menghitung apakah kualitas dari jaringan sudah optimal. Hasil dari penelitian ini yang diukur menggunakan QoS sudah sesuai dan optimal dan dengan menggunakan metode PCQ sangat membantu untuk membagi bandwidth dengan merata. Kata kunci—Bandwidth, Manajemen Bandwidth, PCQ, QoS, Queue Tree

Subjek

COMPUTER NETWORKS
 

Katalog

ANALISIS SIMULASI BANDWIDTH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCQ (PER CONNECTION QUEUING) UNTUK MENINGKATKAN QoS (QUALITY OF SERVICE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SINDY ARTA SUTARMAN
Perorangan
Rd. Rohmat Saedudin, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini