ANALISIS SIMULASI MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET (HTB) UNTUK MENINGKATKAT QUALITY OF SERVICE (QOS)

AHMAD ZEN FADILAH

Informasi Dasar

21.04.1719
004.607 6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas akhir ini merupakan analisis simulasi manajemen bandwidth menggunakan metode HTB untuk meningkatkan QoS menggunakan adopsi dari model topologi CeLOE Telkom University pada GNS3. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui QoS menggunakan adopsi dari model topologi CeLOE Telkom University dengan metode HTB. Manajemen bandwidth dilakukan dengan cara membuat queue HTB dan akan diberikan Max-Limit dan Limit-at yang bertujuan untuk membatasi bandwidth yang mampu diterima oleh masing-masing dari user. Metode yang digunakan untuk melakukan analisis data yang sudah digunakan dengan queue HTB adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dihitung dengan hasil parameter QoS. Hasil dari parameter QoS adalah: (1) Throughput memiliki nilai rata-rata 307,4Kbps dari beberapa ujicoba. (2) Packet Loss memiliki nilai rata-rata dibawah 3% dari beberapa ujicoba yang mempunyai nilai sangat baik. (3) Delay memiliki nilai rata-rata dibawah dari 150ms dari beberapa ujicoba yang mempunyai nilai sangat baik. (4) Jitter memiliki nilai rata-rata 0ms s/d 75ms dari beberapa ujicoba yang mempunyai nilai sangat baik. Berdasarkan hasil dari analisis pada simulasi tersebut, maka metode queue HTB sangat baik untuk digunakan dalam peningkatan QoS.

Subjek

COMPUTER NETWORK
 

Katalog

ANALISIS SIMULASI MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET (HTB) UNTUK MENINGKATKAT QUALITY OF SERVICE (QOS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD ZEN FADILAH
Perorangan
Rd. Rohmat Saedudin, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini