ESTIMASI NILAI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN METODE PARTIAL ADJUSTMENT VALUE (PAV) DENGAN FAKTOR DINAMIS MARKET TO BOOK VALUE (MTBV)

YANEU NURUL AZIZZA

Informasi Dasar

21.04.1679
332.632 21
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi berpengaruh terhadap proses bisnis perusahaan, dimana perusahaan menggunakan nilai Teknologi Informasi (TI) dalam proses kerjanya untuk meningkatkan efektivias kinerja perusahaan. Penelitian tugas akhir ini membahas tentang substansi nilai TI dalam perusahaan berbasis TI, yaitu PT. Telkom Indonesia salama kurun waktu 15 tahun (2004-2019). Metode yang digunakan untuk mengestimasi nilai TI menggunakan pendekatan Partial Adjustment Valuation (PAV), yang menyatakan bahwa perubahan output yang terjadi pada proses produksi biasanya tidak sama persis dengan yang diinginkan, maka koefisien Speed of Adjustment dibutuhkan sebagai jembatan antara output yang diinginkan dengan output hasil. Perhitungan nilai TI pada perusahaan yang menggunakan TI pada sistem kinerjanya akan sangat berguna dan berpengaruh pada perusahaan sebagai bahan evaluasi dan pengambilan keputusan perusahaan. Penelitian ini menggunakan Speed of Adjustment Dinamis karena metode tersebut biasa digunakan untuk menghitung nilai TI yang bersifat fluktuatif tiap periodenya, dan faktor yang digunakan untuk mengukur kedinamisannya adalah Market to Book Value (MTBV), faktor dinamis lainnya seperti EVA, MVA dan Tobins’s Q juga akan dibahas secara singkat pada penelitian sebagai pembanding. Untuk membuktikan keberadaan manfaat dari nilai TI terhadap perusahaan, penelitian ini menggunakan pengujian menggunakan dua model perhitungan: model tiga faktor (K, L, dan I) dan model dua faktor (K, dan L). K merupakan nilai ekuitas perusahaan, L adalah biaya tenaga kerja, dan I adalah biaya TI. Hasil dari pengukuran tersebut juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu pengukuran berdasarkan satuan mata uang (Performance Value) dan berdasarkan satuan rasio (Performance Ratio). Penelitian tugas akhir ini mengarah kepada pemahaman bahwa nilai TI itu nyata dalam meningkatkan perfoma kinerja bisnis, dan menyangkal paradoks yang menyatakan bahwa tidak ada hubungannya antara pengeluaran/investasi TI dengan ukuran keuntungan yang akan diterima organisasi/perusahaan. Dengan deminian, hasil penelitian ini terbuka untuk studi yang membahas tentang nilai TI untuk berkembang lebih lanjut.

Subjek

VALUATION OF BUSINESS
 

Katalog

ESTIMASI NILAI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN METODE PARTIAL ADJUSTMENT VALUE (PAV) DENGAN FAKTOR DINAMIS MARKET TO BOOK VALUE (MTBV)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YANEU NURUL AZIZZA
Perorangan
Lukman Abdurrahman, Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom,S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini