KOMUNIKASI ORANG TUA ANAK PADA PENYANDANG AUTISME (Studi Pada Orang Tua Anak Penyandang Autisme di Yayasan Biruku Indonesia)

ADITYA TULUS PARASIAN

Informasi Dasar

21.04.1621
302.207
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komunikasi merupakan suatu proses interaksi yang tentunya dibutuhkan oleh setiap manusia. Akan tetapi, di dalam proses komunikasi itu dapat terjadi berbagai hambatan atau gangguan saat proses penyampaian pesan, khususnya dalam berkomunikasi dengan anak penyandang autisme. Di dalam proses komunikasi dengan anak autisme diperlukan penanganan khusus terutama dari orang tua dalam upaya menyampaikan pesan dan tujuan dalam komunikasi. Salah satu cara penyampaian pesan yang efektif dapat melalui gaya komunikasi antarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas komunikasi antarpribadi yang dilakukan orang tua pada anak penderita autisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data hasil wawancara terhadap lima ibu di Yayasan Biruku Indonesia Kota Bandung. Dan menerapkan tehnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas komunikasi orang tua dan anak penyandang autis dapat melalui sikap keterbukaan, pembinaan sikap empati, bentuk komunikasi yang mendukung, komunikasi yang membawa perasaan positif, dan kesetaraan komunikasi. Kata Kunci: Komunikasi antarpribadi, orang tua, anak autis.

Subjek

COMMUNICATION-SCIENCE
 

Katalog

KOMUNIKASI ORANG TUA ANAK PADA PENYANDANG AUTISME (Studi Pada Orang Tua Anak Penyandang Autisme di Yayasan Biruku Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYA TULUS PARASIAN
Perorangan
MAULANA REZI RAMADHANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini