Reformasi Birokrasi : Dalam Perspektif Sistem Sosial Politik Indonesia

Nandang Saefudin Zenju

Informasi Dasar

13.01.307
321.8
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)

Birokrasi tetap menjadi salah satu problem terbesar yang dihadapi bangsa-bangsa meskipun upaya-upaya untuk melakukan reformasi birokrasi dalam konteks yang lebih luas telah berlangsung. tidak dapat dipungkiri pula bahwa di negara-negara asia yang paling parah terpukul oleh krisis finansial tahun 1997 yang lebih disebabkan oleh kecenderungan birokrasi yang buruk. Hasil penelitian oleh lembaga Think tank Political and Economic Risk Consultancy (PERC) yang dilakukan pada tahun 2002, Indonesia termasuk negara yang terpuruk dalam birokrasinya, dan sampai saat ini setelah mengalami pergantian presiden beberapa kali pasca kejatuhan soeharto belum mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan laporan terakhir World Economic Forum (WEF) tahun 2004 ini tentang Global Competitiveness Ranking (GCR) menempatkan indonesia berada di urutan ke-69 dari 104 negara yang diamati. Salah satu aspek penilaian adalah birokrasi pemerintah (Kelembagaan pemerintah) yang mengindikasikan sejauh mana lembaga pemerintah memberikan kemampuan pelayanan yang baik berorientasi pada pelanggan, minimnya korupsi, dan berorientasi pada kerangka hukum yang jelas. Buku ini menjelaskan tentang upaya-upaya yang telah dilakukan dan berbagai kendala serta permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dalam melakukan Reformasi birokrasi menuju Good Governance selama orde reformasi yang diurai ke dalam 11 bab. Kesebelas bab tersebut meliputi:

  1. 11 Tahun Reformasi Birokrasi Menuju Good Governance.
  2. Mengkaji Good Governance
  3. Dilema Reformasi DPR Sebagai "Leadership Office"
  4. Desentralisasi atau Resentralisasi
  5. Kunci dalam Reformasi Birokrasi
  6. Demokratisasi Politik dalam Reformasi
  7. Sistem Sosial Politik di Indonesia
  8. Pemilu Indonesia Pasca Reformasi
  9. Pesona 3 Pasang Capres-Cawapres 2009-2014 10.Presiden Terpilih Dibangun Dengan Demokrasi 11.Konflik Politik 100 Hari SBY-Boediono.

Masalah-masalah tersebut diatas, dibahas secara tuntas dan mendalam sehingga menjadikan buku ini sangat pas dibaca oleh praktisi pemerintahan, politisi, mahasiswa, pemerhati masalah sosial politik, pengajar di perguruan tinggi khususnya di program studi yang mengkaji masalah administrasi dan birokrasi. Selamat Membaca !

Subjek

DEMOCRATIC GOVERNMENT
BUREAUCRACY, REFORMATION

Katalog

Reformasi Birokrasi : Dalam Perspektif Sistem Sosial Politik Indonesia
978-602-8170-20-8
vii,273.; il.; 24cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Nandang Saefudin Zenju
Perorangan
 
 

Penerbit

Prisma Press
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini