Klasifikasi Spesies Tanaman Kaktus Grafting Berdasarkan Citra Scion Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN)

DEDIH KURNIA

Informasi Dasar

21.04.1588
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keunikan dan keanekaragaman tanaman kaktus yang banyak dan tersebar di seluruh dunia dan memiliki umur yang panjang serta perawatan yang sederhana menjadikan tanaman kaktus banyak diminati bagi sebagian besar orang. Dengan kemajuan jaman, metode okulasi atau Grafting banyak digunakan oleh petani kaktus hias untuk memperkaya keanekaragaman tanaman kaktus sehingga menghasilkan tanaman kaktus yang berukuran kecil, pertumbuhan tanaman yang lambat, dan memiliki keragaman Scion pada kaktus Grafting. Scion merupakan bagian atas dari susunan tubuh kaktus Grafting, bagian Scion ini biasanya dipilih dari spesies kaktus lain yang bentuk dan warnanya unik dan mencolok. Hasil okulasi yang menyebabkan keanekaragaman pada Scion ini membuat masyarakat umum sulit untuk membedakan tanaman kaktus Grafting, dengan adanya sistem yang dapat mengenali dan mengklasifikasikan tanaman kaktus Grafting diharapkan akan mempermudah masyarakat umum dalam mengenali tanaman kaktus Grafting yang mempunyai ciri-ciri khasnya masing-masing. Sistem ini dibuat dengan metode Convolutional Neural Network (CNN) yang dibangun dengan arsitektur RESNET152V2 untuk memvalidasi struktur model CNN, memiliki dataset sebanyak 31.600 data citra tumbuhan bagian atas yang di sebut Scion pada 10 spesies tanaman kaktus Grafting, yaitu spesies Enchinopsis Peruviana, Gymnocalycium Baldianum, Mammillaria Spinosissima cv. Un Pico, Opuntia Microdasys, Parodia Warasii, Astrophytum Capricorne, Blossfeldia Liliputana, Copiapoa Laui, Cephalocereus Senilis, dan Echinopsis Chocolate yang umum dan populer dibudidayakan di pasaran dan menghasilkan model terbaik pada versi 1 sebesar 94.13% pada data Testing Lapangan, dan 97.60% pada data Tesing Internet, kemudian pada versi 2 menghasilkan model terbaik sebesar 82.10% pada data Testing Lapangan, dan 86.86% pada data Tesing Internet.

Kata Kunci: Klasifikasi Kaktus Grafting, Convolutional Neural Network (CNN), ResNet152V2, Scion Kaktus.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

Klasifikasi Spesies Tanaman Kaktus Grafting Berdasarkan Citra Scion Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEDIH KURNIA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini