Aplikasi Berbasis Web untuk Pencatatan Pembelian, Penjualan Barang, serta Pinjaman Karyawan (Studi Kasus di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat, Bandung)

HAIKAL MUHAMMAD RAFI

Informasi Dasar

21.06.091
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung adalah salah satu lembaga keuangan bank yang bergerak di bidang jasa keuangan yang memiliki kegiatan utamanya yaitu menghimpun dana dan penyaluran kredit kepada masyarakat. Bank Perkreditan Rakyat Bandung merupakan perusahaan umum daerah (PERUMDA) atau badan usaha milik daerah (BUMD) kota Bandung. Pada Bank Perkreditan Rakyat bandung ini terdapat koperasi yang memliki aktivitas utama untuk membeli dan menjual barang dagang. Proses pembelian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kendala yang dihadapi yaitu tidak adanya aplikasi untuk mengelola pencatatan pembelian dan penjualan barang yang dapat digunakan untuk melakukan pencatatan pembelian dan penjualan selain itu tidak adanya aplikasi perusahaan yang menyimpan data karyawan yang melakukan kasbon atau pinjaman karyawan untuk membeli barang di koperasi masih secara manual dengan buku catatan dan kemudian data karyawan yang melakukan kasbon atau pinjaman tersebut di akhir bulan dilaporkan untuk dilakukan pemotongan gaji sesuai dengan harga barang yang dibeli dikoperasi. Oleh karena itu, solusi yang diperlukan oleh perusahaan adalah dengan adanya aplikasi yang bisa menangani pembelian, penjualan dan pinjaman karyawan untuk membeli barang dagang di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Bandung. Tujuan aplikasi ini secara akuntansi adalah menangani pembelian barang, penjualan barang, menampilkan jurnal, buku besar, menangani pinjaman karyawan atau kasbon dan mempermudah bagian keuangan koperasi untuk menberikan informasi tentang laporan pembelian dan penjualan koperasi perusahaan kepada pemilik koperasi. Untuk metode yang digunakan di dalam aplikasi adalah System Developement Life Cycle (SDLC), yang dimana untuk tahap analysis dilakukan dengan menggambarkan rich picture dan BPMN. Untuk tahap kode digunakan aplikasi sublime text dengan bahasa pemograman Hypertext Preprocessor (PHP). Untuk database web framework codeigniter menggunakan MYSQL. Untuk pengembangan aplikasinya menggunakan Unifed Modeling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Berdasarkan tujuan, aplikasi ini telah mampu dalam mencatat seluruh transaksi pembelian dan penjualan, dan juga dapat menampilkan kartu stok, jurnal, buku besar, laporan penjualan, laporan pembelian dan mencatat data karyawan yang melakukan pinjaman karyawan atau kasbon untuk membeli barang di koperasi serta menghasilkan laporan akuntansi lainnya seperti laporan neraca saldo dan laporan laba rugi, untuk diinformasikan kepada pemilik.
Kata Kunci: aplikasi berbasis web, pembelian dan penjualan, PHP, MYSQL

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pencatatan Pembelian, Penjualan Barang, serta Pinjaman Karyawan (Studi Kasus di Koperasi Bank Perkreditan Rakyat, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAIKAL MUHAMMAD RAFI
Perorangan
Rochmawati, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini