ANALISIS FRAUD DIAMOND DALAM MENDETEKSI POTENSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2019)

ANNAS FIRDAUSI

Informasi Dasar

21.04.1484
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan merupakan bentuk komunikasi antara pemilik perusahaan dengan pengelola perusahaan. Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas perusahaan yang bermanfat bagi sebagian besar pengguna laporan keuangan dalam pembuatan keputusan ekonomi. Pentingnya informasi yang ada di laporan keuangan, menjadikan manajemen berusaha semaksimal mungkin agar menghasilkan laporan keuangan yang memberikan gambaran bahwa perusahaan dalam keadaan yang sehat. Hal ini mendorong manajemen untuk melakukan manipulasi laporan keuangan. Tindakan kecurangan tersebut disebut sebagai fraud. Sehingga dapat menyesatkan para pengguna laporan keuangan saat mengambil keputusan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari pressure, opportunity, rationalization dan capability yang termasuk dalam fraud diamond terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan yang dijadikan sampel pada penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 31 perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun dan didapat 124 total sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan pertambangan selama periode peneltian 2016-2019 .Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tekanan, rasionalisasi, kemampuan tidak berpengaruh dan kesempatan berpengaruh negatif terhadap kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran secara teoritis kepada peneliti selanjutnya dan memberikan saran secara praktis kepada perusahaan serta investor. Kata kunci: Pressure, Capability, Opportunity, Rationalization, Fraud Diamond, Kecurangan Laporan Keuangan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS FRAUD DIAMOND DALAM MENDETEKSI POTENSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNAS FIRDAUSI
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini