Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus pada Anggota HIPMI Perguruan Tinggi Universitas Telkom)

WAHYU ENDAH PANGESTI

Informasi Dasar

21.04.1441
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komitmen organisasional sebagai ukuran dari kekuatan identitas dan keterlibatan anggota dalam tujuan dan nilai-nilai organisasi. Komitmen organisasional mempunyai peranan sangat penting bagi keberlangsungan organisasi secara keseluruhan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi komitmen seseorang salah satunya yaitu gaya kepemimpinan dan komunikasi organisasi. Semakin efektif gaya kepemimpinan dan semakin baik komunikasi organisasi akan berdampak positif terhadap kenaikan tingkat komitmen organisasional seseorang. Berdasarkan data yang diperoleh komitmen anggota pada HIPMI PT. Telkom mengalami penurunan pada tahun kepengurusan 2020, selain itu berdasarkan data kehadiran dan rapot kinerja terus mengalami penurunan. Penelitian ini dilakukan di organisasi HIPMI PT. Telkom dengan gaya kepemimpinan dan komunikasi organisasi sebagai variabel bebas serta komitmen organisasional sebagai variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi gaya kepemimpinan, komunikasi organisasi dan komitmen organisasional anggota HIPMI Perguruan Tinggi Universitas Telkom. Serta membuktikan pengaruh dari peran kepemimpinan dan komunikasi terhadap komitmen organisasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan anggota dari HIPMI PT. Telkom yang berjumlah 155 anggota, dari jumlah anggota tersebut terpilih 112 responden. Teknik sampling menggunakan probability sampling ( sampling acak sederhana) dan menggunakan rumus slovin Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa gaya kepemimpinan berada pada kategori efektif , komunikasi organisasi berada pada kategori baik dan komitmen organisasional berada pada kategori tinggi. Sedangkan hasil uji statistik diperoleh bahwa Gaya kepemimpinan dan komunikasi organisasi mempengaruhi Komitmen Organisasional sebesar 51,6%. Hal ini menunjukkan Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi terhadap Komitmen Organisasional sebesar 51,6%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi dan bahan pertimbangan bagi organisasi di masa yang akan datang untuk memahami bagaimana kondisi gaya kepemimpinan serta komunikasi organisasi dan dapat membuat suatu program kerja untuk mengevaluasi terhadap keluh kesah yang di rasakan semua anggota terhadap kepemimpinan yang berjalan. Hal ini dapat menjadi media penyampaian kritik dari anggota untuk para pemimpinnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain seperti gaya kepemimpinan dan menggunakan metode penelitian yang lainnya seperti SEM. Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, Komitmen Organisasional

Subjek

Human resources management
COMMUNICATION,

Katalog

Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus pada Anggota HIPMI Perguruan Tinggi Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU ENDAH PANGESTI
Perorangan
Hani Gita Ayuningtias
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini