ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN E-LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN TASK-TECHNOLOGY FIT (TTF) (STUDI KASUS: CELOE LMS UNIVERSITAS TELKOM)

EGA ARDELIA MAHARANI

Informasi Dasar

21.04.1394
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) berkembang pesat di bidang Pendidikan sebagai metode penyaluran informasi dengan integrasi otomatis pada departemen yang berbeda. Implementasi ERP berfungsi untuk mengelola aktivitas dan pengambilan keputusan sesuai kondisi sebuah organisasi, tetapi tidak semua penerapan Sistem Informasi dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Maka dari itu diperlukan adopsi ERP sebagai salah satu tolak ukur kesuksesan implementasi ERP untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap sistem e-learning pada Universitas Telkom yaitu Center of eLearning & Open Education (CeLOE LMS). Sebagai salah satu platform pembelajaran online jarak jauh dan pendukung proses kegiatan akademik selama masa pandemi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kesesuaian implementasi teknologi informasi dalam memenuhi kebutuhan tugas pengguna sehingga dapat memiliki dampak bagi individu. Model yang digunakan adalah Task Technology Fit (TTF) yang terdiri dari 5 variabel yaitu Task Characteristics, Technology Characteristic, Task-Technology Fit, Utilization, dan Performance Impact. Dalam pengumpulan data penelitian digunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner dan wawancara online kepada Mahasiswa Aktif S1 Universitas Telkom semester 1 sampai 7 yang menggunakan CeLOE LMS. Data yang dihasilkan berupa data primer dari jawaban responden yang dianalisis menggunakan aplikasi pengolah data statistik yaitu SPPS 25 dan SmartPLS 3.0 dengan metode PLS-SEM. Hasil olahan data penelitian menunjukkan bahwa CeLOE LMS dan kebutuhan tugas mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap kesesuaian tugas dan teknologi. Kemudian kesesuaian tugas dengan teknologi berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan CeLOE LMS dan dampak kinerja mahasiswa. Serta pemanfaatan CeLOE LMS juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dampak kinerja mahasiswa.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN E-LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN TASK-TECHNOLOGY FIT (TTF) (STUDI KASUS: CELOE LMS UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EGA ARDELIA MAHARANI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini