PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Objek Wisata Bali Zoo Park)

I GUSTI AYU DIAH MELYANNA PRAMESWARI

Informasi Dasar

21.04.1352
346.065
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bali Zoo Park merupakan kebun binatang terbesar di Bali. Namun, jumlah kunjungan ke Objek Wisata Bali Zoo Park di tahun 2018 terjadi penurunan yang belum diketahui apa penyebabnya. Untuk meningkatkan penjualan maupun meningkatkan kunjungan wisatawan dapat dilakukan melalui sosial media dengan memanfaatkan jumlah pengguna dan jumlah waktu penggunaannya yang semakin meningkat, ditambah dengan adanya electronic word of mouth akan membuat pengguna di sosial media tersebut saling berinteraksi secara personal maupun melalui forum dengan membagikan pengalamannya. Pada website Tripadvisor juga terdapat banyak ulasan mengenai baik, maupun buruk nya pengalaman pengunjung saat melakukan kunjungan ke objek wisata Bali Zoo Park. Minat masyarakat untuk berkunjung ke Bali Zoo Park yang ditunjukan dengan kecenderungan mereka untuk mencari informasi melalui internet terkait Objek Wisata Bali Zoo Park. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ulasan atau electronic word of mouth yang terdapat didalam konten sosial media, yang pada akhirnya akan mempengaruhi minat berkunjung dan berdampak terhadap keputusan berkunjung wisatawan, serta mengetaui apakah terdapat pengaruh pada variabel Electronic Word Of Mouth (X) dengan variabel Keputusan Berkunjung (Y) ke objek wisata Bali Zoo Park, pengaruh terhadap variabel Minat Berkunjung (Z) dengan variabel Keputusan Berkunjung (Y) dan pengaruh terhadap variabel Minat Berkunjung (Z) dengan variabel Keputusan Berkunjung (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling, sehingga sampel yang akan diambil adalah sebanyak 400 pengunjung yang memutuskan berkunjung setelah menerima informasi mengenai Objek Wisata Bali Zoo Park melalui sosial media dengan mengisi kuisioner yang telah disebarkan. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis dengan Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan Variabel Electronic Word Of Mouth (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Berkunjung (Z), Variabel Electronic Word Of Mouth (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y) dan Variabel Minat Berkunjung (Z) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y). Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, sebaiknya lebih sering melakukan komunikasi melalui sosial media kepada para konsumen atau pengunjung guna dapat meningkatkan minat dan juga mendorong keputusan berkunjung.

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung..

Subjek

BUSINESS & ECONOMICS
 

Katalog

PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Objek Wisata Bali Zoo Park)
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GUSTI AYU DIAH MELYANNA PRAMESWARI
Perorangan
Indira Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom (Manajemen Bisnis Telelkomunikasi & informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini