Identifikasi Persepsi Mahasiswa pada Sustainable Development Goal 4 (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi MBTI yang Sedang Mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom)

AUDRY PUSPARANI

Informasi Dasar

21.05.012
338.04
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Sustainable Development Goals merupakan sebuah rencana aksi global yang telah dibentuk oleh para pemimpin dunia termasuk Indonesia pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang ke-70 di New York. Aksi global yang selanjutnya dikenal dengan SDGs ini melahirkan 17 tujuan dengan 169 target yang akan menjadi rencana aksi global hingga tahun 2030 dengan mengusung tema “Transforming our world: the 2030 agenda for sustainable development goals”. Tema tersebut diangkat guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, serta melindungi lingkungan. Sebagai bentuk partisipasi Indonesia terhadap pelaksanaan rencana aksi global ini, pada bulan Juli 2015 Pemerintah Indonesia secara resmi menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendidikan berkualitas yang merupakan salah satu tujuan dari SDGs, yaitu SDG 4 pada program studi Manajemen Bisnis Telkomunikasi dan Informatika (MBTI) berdasarkan persepsi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Dengan mengukur tingkat pemahaman (cognitive), kemampuan untuk mempromosikan (socio-emotional) serta partisipasi (behavioural) mahasiswa terkait SDG 4 dan juga mengukur tingkat keselarasan visi/misi program studi MBTI dan 3 pilar Tridharma Perguruan Tinggi dikaitkan dengan target-target SDG 4. Serta untuk mengetahui kesiapan program studi MBTI dalam mewujudkan target-target SDG 4 berdasarkan persepsi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan data melalui penyebaran kuesioner secara daring. Kuesioner disebarkan melalui media sosial kepada responden yang sesuai dengan kriteria penelitian. Skala likert digunakan untuk mengukur variabel-variabel yang ada. Untuk menguji validitas digunakan face validity dari ahli dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Dilakukan analisis deskriptif untuk mengetahui kategori masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa cognitive mahasiswa MBTI dalam kategori sangat baik, socio-emotional dalam kategori baik dan behavioural dalam kategori baik. Tingkat keselarasan antara visi/misi program studi MBTI dan 3 pilar Tridharma Perguruan Tinggi dikaitkan dengan target-target SDG 4 juga dikategorikan baik, begitupun halnya dengan kesiapan program studi MBTI dalam mewujudkan target-target SDG 4 berdasarkan persepsi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan yang juga berada pada kategori baik.

Kata Kunci: Sustainable Development Goals (SDGs), Pendidikan berkualitas, Perguruan Tinggi.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Identifikasi Persepsi Mahasiswa pada Sustainable Development Goal 4 (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi MBTI yang Sedang Mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom)
 
xi, 121p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AUDRY PUSPARANI
Perorangan
Ratna Lindawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini