PENGARUH COLLATERALIZABLE ASSETS, GROWTH IN NET ASSETS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Jasa Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

FEBRILIA IZZA MAURIS

Informasi Dasar

21.04.944
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen merupakan salah satu fungsi terpenting bagi keuangan perusahaan dan memiliki pengaruh dengan berbagai pemangku kepentingan perusahaan. Kebijakan dividen mencerminkan kualitas dan reputasi perusahaan yakni kemampuan perusahaan dalam mengelola proses binisnya dalam menghasilkan profit dengan baik atau sebaliknya. Pada praktiknya, perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan dan memutuskan kebijakan dividen yaitu keputusan menahan laba untuk dipergunakan sebagai pengembangan operasional perusahaan atau membagikan dividen kepada pemegang saham untuk meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan. Adanya perbedaan kepentingan yang terjadi pada kebijakan dividen disebut dengan agency theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh collateralizable assets (COLLAS), growth in net assets, likuiditas (CR), leverage (DER) dan profitabilitas (ROE) terhadap kebijakan dividen (DPR) pada perusahaan jasa non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor jasa non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 44 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 176 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan collateralizable assets (COLLAS), growth in net assets, likuiditas (CR), leverage (DER) dan profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR). Sedangkan secara parsial Collateralizable Assets (COLLAS) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kebijakan dividen. Growth In Net Assets tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kebijakan dividen. Likuiditas (CR) tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kebijakan dividen. Leverage (DER) tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kebijakan dividen. Profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kebijakan dividen

Kata Kunci : collateralizable assets, growth in net assets, likuiditas, leverage, profitabilitas, kebijakan dividen

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH COLLATERALIZABLE ASSETS, GROWTH IN NET ASSETS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Jasa Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
xiii, 154p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRILIA IZZA MAURIS
Perorangan
Nora Amelda Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  yessy 5 December, 2022
107637
sangat bagus
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini