Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Investment Account Holder terhadap Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2016-2019)

VELLY VIONITA

Informasi Dasar

21.04.936
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) adalah pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan dengan prinsip syariah. Pengungkapan tanggung jawab sosial harus sesuai berdasarkan nilai-nilai konsep Maqashid Syari’ah. Untuk perusahaan yang berbasis syariah, menggunakan Islamic Social Reporting (ISR) dalam melakukan pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan. Seluruh pelaksanaan tanggung jawab sosial yang telah dilaksanakan oleh perusahaan akan mengumumkannya kepada publik melalui pengungkapan sosial dalam laporan tahunan (annual report) yang dikeluarkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan dan Investment Account Holder (IAH) terhadap pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR). Populasi dalam penelitian ini yaitu Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2016-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 13 Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk periode 4 tahun sehingga jumlah data yang diperoleh sebanyak 52 data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 11. Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan dan Investment Account Holder (IAH) berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR). Secara parsial, ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), sedangkan umur perusahaan dan Investment Account Holder (IAH) tidak berpengaruh pada pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR).

Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Investment Account Holder, pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Investment Account Holder terhadap Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2016-2019)
 
xiv, 121p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VELLY VIONITA
Perorangan
Kurnia, Febrial Pratama
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini