ANALISIS PERBANDINGAN PROTOKOL OPENFLOW DENGAN PROGRAMMING PROTOCOL-INDEPENDENT PACKET PROCESSORS PADA SOFTWARE DEFINED NETWORK

ROBBY HEMAWAN PRAMUDITO

Informasi Dasar

21.04.917
621.319 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Software Defined Network (SDN) merupakan sebuah paradigma yang sedang berkembang dalam dunia jaringan komputer. Dengan adanya protokol OpenFlow SDN memisahkan control plane dengan data plane. Namun protokol OpenFlow masih mempunyai kekurangan yaitu kurang mampu untuk mendefinisikan perilaku switch dengan baik.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut terdapat konsep yang disebut dengan data plane programmability. Konsep tersebut memungkikan untuk memodifikasi perilaku jaringan dan dapat mengembangkan aplikasi SDN yang lebih inovatif. Salah satu contoh data plane programmability tersebut adalah Programming ProtocolIndependent Packet Processors (P4). Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan performansi Quality of Service (QoS) antara OpenFlow-based SDN dengan P4-based SDN untuk mengetahui signifikansi P4 untuk mempengaruhi performansi QoS pada SDN.

Hasil yang didapat pada Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa performansi QoS antara P4 dan OpenFlow memiliki selisih yang sangat kecil. Secara keseluruhan OpenFlow sedikit lebih unggul P4 dari parameter QoS yang diuji seperti throughput, jitter, packet loss dan delay. Berdasarkan standard TIPHON nilai parameter QoS yang dihasilkan masuk dalam kategori bagus. Walaupun performansi OpenFlow sedikit lebih unggul, P4 dapat membuat inovasi SDN yang lebih cepat dan juga membuat SDN lebih programmable.

Kata Kunci: SDN, OpenFlow, P4, QoS

Subjek

NETWORKING
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN PROTOKOL OPENFLOW DENGAN PROGRAMMING PROTOCOL-INDEPENDENT PACKET PROCESSORS PADA SOFTWARE DEFINED NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROBBY HEMAWAN PRAMUDITO
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Ridha Muldina Negara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini