Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap IHSG

GHASSANIA ZAKIA SAPUTRO

Informasi Dasar

21.04.850
657.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah gabungan semua indeks/harga saham semua sektor yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG dapat menjadi leading indicator economic suatu negara. IHSG dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu faktor ekonomi makro seperti nilai tukar rupiah, tingkat suku bunga, harga minyak dunia, GDP.

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga terhadap IHSG yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2019 baik secara simultan maupun parsial. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu sampel nonprobabilitas, dengan jenis sampel jenuh.

        Untuk mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga terhadap IHSG, dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Dalam penelitian ini dilakukan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel inflasi, nilai tukar rupiah, suku bunga terhadap variabel IHSG secara simultan. Penelitian ini juga dilakukan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel inflasi, nilai tukar rupiah, suku bunga terhadap variabel IHSG secara parsial.

        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, terdapat pengaruh secara bersama-sama inflasi, nilai tukar rupiah, tingkat suku bunga terhadap IHSG. Secara parsial, inflasi tidak berpengaruh terhadap IHSG, nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap IHSG, tingkat suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG.

Kata Kunci: IHSG, Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Suku Bunga

Subjek

CAPITAL MARKETS
 

Katalog

Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap IHSG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHASSANIA ZAKIA SAPUTRO
Perorangan
Tieka Trikartika Gustyana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini