Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 Untuk Hubungan Nonliner Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis, 2/E.

Mahfud Sholihin, Dwi Ratmono

Informasi Dasar

21.01.407
005.55
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
3

Buku ini membahas secara konseptual dan praktikal bagaimana melakukan analisis hubungan linier dan nonlinier dengan pendekatan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Dengan merujuk ke referensi SEM-PLS terbaru (misalnya, Hair dkk., 2017; 2018 dan Kock, 2020), buku ini juga membahas beberapa teknik pengujian terkini seperti pengujian mediasi dengan metode Variance-accounted for (VAF), pengujian moderasi dengan pooled standard error dan Satterhwaite, full-collinearity test, masalah kolinearitas lateral, goodness of fit dalam model SEM-PLS, effect size, predictive validity dengan Q-squared, dan prosedur evaluasi indikator formatif. Selain itu, buku juga memberikan ilustrasi lengkap bagaimana standar penulisan hasil penelitian SEM-PLS dalam jurnal internasional bereputasi.

Buku edisi kedua memberikan perluasan materi yang cukup signifikan antara lain: (1) pembahasan prosedur analisis SEM-PLS secara lebih rinci yang meliputi tujuh langkah, (2) metode baru dalam pengujian validitas diskriminan yaitu heterotrait-monotrait ratio (HTMT), (3) perluasan dan revisi materi dalam pengujian mediasi yaitu competitive mediation dan complementary mediation. Selain itu juga dibahas pengembangan model mediasi yang meliputi multiple mediation dan moderated mediation model, (4) perluasan materi analisis moderasi menggunakan SEM-PLS yang meliputi pemodelan serta jenis pengujian, yaitu product indicator approach, orthogonalizing approach, dan two-stage approach, (5) penambahan materi tentang dua jenis model pengukuran formatif yaitu composite indicators dan causal indicators, (6) metode bootstrapping disertai ilustrasinya, dan (7) PLS-consistent (PLSc) yang dikembangkan untuk mengurangi bias dalam SEM-PLS sehingga hasilnya dapat mendekati covariance-based SEM.

Buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para peneliti untuk menganalisis fenomena linier dan nonlinier. Selain dibahas konsep SEM-PLS secara mendalam, buku juga dilengkapi contoh teknis tahapan analisis data dan artikel yang dipublikasi di jurnal internasional bereputasi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi master program WarpPLS 7.0, template analisis mediasi/moderasi, dan data latihan.

Subjek

STATISTICAL PROGRAMS
 

Katalog

Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 Untuk Hubungan Nonliner Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis, 2/E.
978-623-01-1090-0
xi, 308p.: ill.; 24 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Mahfud Sholihin, Dwi Ratmono
Perorangan
 
 

Penerbit

Penerbit Andi
Yogyakarta
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini