ANALISIS DAN PENYUSUNAN RANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF PADA BIDANG JASA KONSTRUKSI PADA DINAS BINA MARGA DAN PENATAAN RUANG JAWA BARAT.

WIN DANY NOVAN

Informasi Dasar

21.04.590
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perancangan Enterprise Architecture di DBMPR Jawa Barat menggunakan framework TOGAF ADM sebagai guidance, demi memenuhi kebutuhan pengembangan Sistem Informasi. Dalam penelitian ini menggunakan framework TOGAF ADM yang mempunyai sembilan (9) fase dari lima (5) fase yang digunakan dalam penelitian ini, fase tersebut adalah Preliminary Phase atau fase tahap persiapan, Architecture Vision atau fase yang digunakan untuk penjelasan ruang lingkup arsitektur, Business Architecture atau fase yang menjelaskan tentang pengembangan arsitektur bisnis dari organisasi, Information System Architecture atau fase yang menjelaskan tentang pengembangan arsitektur dari data dan juga aplikasi dalam sebuah organisasi, Technology Architecture atau fase yang menjelaskan tentang pengembangan arsitektur teknologi dalam sebuah organisasi dengan melihat kepada kondisi yang ada pada saat ini (Eksisting) lalu dilakukan beberapa penyesuaian untuk perkembangan kondisi mendatang (Targeting). Output dari penelitian ini adalah berupa cetak biru atau blueprint. Penyusunan penelitian ini juga didasarkan oleh Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang digunakan untuk mengintegrasikan proses bisnis, pertukaran data dan informasi, dan aplikasi dalam suatu layanan. Pada Bidang Jasa Konstruksi, masih ada proses yang masih dilakukan secara manual sehingga pertukaran data dan informasi terlaksana secara real time. Penelitian ini menerapkan Enterprise Architecture yang berfokus pada Bidang Jasa Konstruksi untuk mendukung proses bisnis eksisting. Hasil yang didapatkan dari rancangan Arsitektur Bisnis adalah sebuah sistem informasi yang memudahkan proses bisnis, pada Arsitektur Data menghasilkan sistem informasi sehingga pertukaran data bisa diakses secara realtime, pada Arsitektur Aplikasi menghasilkan integrasi antar aplikasi, dan di Arsitektur Teknologi menghasilkan teknologi yang dapat menunjang kebutuhan sistem informasi.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS DAN PENYUSUNAN RANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF PADA BIDANG JASA KONSTRUKSI PADA DINAS BINA MARGA DAN PENATAAN RUANG JAWA BARAT.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIN DANY NOVAN
Perorangan
Falahah, Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini