ANTENA MIKROSTRIP PROXIMITY COUPLED DENGAN SIDE PARASITIC PADA FREKUENSI S-BAND UNTUK ELECTRONIC SUPPORT MEASURE (ESM)

INDRA MAHENDRA RACHMAT

Informasi Dasar

21.04.488
621.382 54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Electronic Support Measure (ESM) merupakan sistem pertahanan elektronika yang berfungsi untuk menganalisa sinyal gelombang elektromagnetik yang dipancarkan untuk mendapatkan lokasi dan kuat sinyal tersebut . Pada tugas akhir ini penulis merancang antena mikrostrip rektangular di frekuensi S – Band, yang berfungsi sebagai antena penerima dalam sistem ESM. Spesifikasi dari antena tersebut yaitu return loss sebesar ? ?10 dB dan VSWR ? 2 dengan lebar bandwidth 2 GHz, gain sebesar 1 – 8 dB dengan pola radiasi unidirectional dan polarisasi linier.

Antena mikrostrip rektangular yang didesain sebagai antena penerima dalam sistem ESM menggunakan bahan FR – 4 Epoxy. Antena mikrostrip konvensional cenderung memiliki lebar bandwidth yang sempit dan gain kecil. Berdasarkan kondisi tersebut antena akan dirancang menggunakan patch parasitik dengan pencatuan proximity. Proses perancangan pada tugas akhir ini yaitu antena mikrostrip rektangular akan disimulasikan menggunakan simulator, kemudian dilakukan optimasi menggunakan catuan proximity dengan patch parasitik. Setelah dilakukan simulasi dan optimasi, antena akan direalisasikan dengan cara di fabrikasi. Kemudian antena tersebut akan dilakukan pengukuran untuk mengetahui apakah antena sudah memenuhi spesifikasi.

Hasil perancangan dari antena microstrip rektangular pencatuan proximity dengan patch parasitik didapatkan hasil dari pengukuran pada frekuensi tengahnya sebesar 3 GHz. Hasil tersebut yaitu VSWR sebesar 1,6659, return loss sebesar - 11,981 dB, dengan bandwidth sebesar 2 GHz. Gain sebesar 5,3 dB, serta polaradiasi unidirectional dan polarisasi sebesar 31,6227766 dB yang menjadikan antena ini berpolarisasi elips, untuk gain yang dihasilkan sebesar 5,3 dB pada frekuensi tengahnya. Dengan spesifikasi tersebut antena microstrip dapat digunakan di sistem Electronic Support Measure pada frekuensi S – Band. Kata Kunci : Electronic Support Measure, Mikrostrip patch rektangular, S-Band, patch parasitik, pencatuan proximity, FR – 4 Epoxy

Subjek

Antennas.
 

Katalog

ANTENA MIKROSTRIP PROXIMITY COUPLED DENGAN SIDE PARASITIC PADA FREKUENSI S-BAND UNTUK ELECTRONIC SUPPORT MEASURE (ESM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRA MAHENDRA RACHMAT
Perorangan
Bambang Setia N, Yusi Perdana S
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini