MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS KOMUNITAS AMAZING TRUEHEALTH DALAM MENGHADAPI ISU HOAKS KANGEN WATER (Jurnal Ilmu Komunikasi, Prolistik, Volume 3, Nomor 1 2018)

Ghina Hadiniyati, Muhammad Sufyan Abdurrahman

Informasi Dasar

21.24.001
659.2
E-Article
23

Seiring dengan perkembangan media, masyarakat semakin dimudahkan dalam memproduksi maupun mengakses berita. Hal tersebut tentunya memberikan dampak positif, namun di sisi lainnya juga menimbulkan dampak negatif salah satunya adalah marak beredarnya berita hoaks atau berita yang kurang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Salah satu berita hoaks yang ramai beredar di media adalah isu hoaks Kangen Water pada November 2017. Isu tersebut berkembang menjadi krisis bagi Komunitas Amazing TrueHealth (KAT) selaku komunitas distributor Kangen Water pertama dan terbesar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam kepada beberapa orang yang menajadi informan yaitu Presiden dan bagian Kehumasan KAT sebagai informan kunci, distributor Kangen Water sebagai informan pendukung, dan praktisi PR sebagai informan ahli. Berdasarkan hasil analisis peneliti, dalam melaksanakan upaya penanggulangan krisis, KAT menerapkan beberapa strategi, di antaranya adalah menyampaikan permohonan maaf, mengakui kesalahan, menjelaskan duduk permasalahan, dan mengubah pandangan dan persepsi terkait manfaat Kangen Water yang beredar luas. Peneliti pun dapat menyimpulkan bahwa manajemen krisis public relations yang dilakukan oleh KAT sudah mencapai tujuannya ditandai dengan kembalinya kepercayaan diri para distributor untuk kembali berbisnis, adanya respon positif dari Kemenkes terhadap upaya yang dilakukan KAT, serta respon positif masyarakat di media sosial. Kata Kunci: Komunitas, manajemen krisis, public relations

Subjek

PUBLIC RELATIONS
 

Katalog

MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS KOMUNITAS AMAZING TRUEHEALTH DALAM MENGHADAPI ISU HOAKS KANGEN WATER (Jurnal Ilmu Komunikasi, Prolistik, Volume 3, Nomor 1 2018)
 
15p.: pdf file.; 157 KB
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ghina Hadiniyati, Muhammad Sufyan Abdurrahman
Perorangan
 
 

Penerbit

Fakultas Ilmu Komunikasi Uninus
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini