Digital Banking Revolution: Belajar dari Digital CIMB Niaga & Tips Bertahan di Era Fintech

Arwin Rasyid

Informasi Dasar

21.01.325
332.1
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
8a

Teknologi telah mengubah kehidupan. Mengubah wajah industri dan peradaban. Tak terkecuali perbankan. Semua berawal dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Sejak era 2G berganti3G, kemudian 4G hingga 5G, industri keuangan pun mengalami revolusi dengan lahirnya perusahaan fintech (financial technology). Tiga matra sakti perusahaan berbasis teknologi, yakni "Platform", "Ekosistem", dan "OmniChannel", telah mengubah paradigma dalam berbisnis—di mana kepemilikan dan pertumbuhan aset bukan segalanya. Mendorong lahirnya fenomena perusahaan transportasi tanpa sarana transportasi, perusahaan jasa perhotelan tanpa memiliki jaringan hotel, dan lain-lain. Mereka memiliki valuasi yangsangattinggi, hingga miliaran dolar AS.

Fenomena dan "tanda-tanda zaman" itu telah dipr,ediksi jauh hari sebelumnya, saat Arwin Rasyid menjadi CE0 Bank CIMB Niaga. Alih-alih mengejar pertumbuhan aset seperti yang lazim berlaku dalam "perlombaan" industri perbankan, Arwin memilih "the less travelled road" saat itu, yakni memilih jalur pertumbuhan CIMB Niaga sebagai bank digital. Tahun 2010, Arwin memulai perjalanan transformasi digital CIMB Niaga. Sejak itu, lahir banyak produk digital CIMB Niaga yang menjadi pionir. Salah satunya, Rekening Ponsel, sebuah produk digital unggulan, di mana semua transaksi keuangan, seperti tarik tunai, transfer, pembelian, dan pembayaran, menggunakan handphone (HP), dengan nomor HP yang berfungsi sebagai nomor rekening bank. Rekening Ponsel adalah dompet digital pertama di Indonesia, bahkan di Asia. Produk yang meraih penghargaan rekor MURI ini, saat diluncurkan merupakan produk yang disiapkan dapat berfungsi seperti dompet digital saat ini: GoPay, OVO, DANA, atau LinkAja.

Buku ini bercerita tentang perjalanan CIMB Niaga menuju bank digital. Diceritakan langsung oleh tokoh sentralnya, Arwin Rasyid, sebagai CE0 (2008-2015) yang juga berlatar belakang pernah menjadi CE0 Telkom. Sebuah kombinasi wawasan yang ideal untuk menulis tentang revolusi perbankan digital dan bagaimana agar perbankan tetap "riding the wave"di era disrupsi. Era di mana fintech secara pelan, tetapi pasti, memberi "pil pahit" dan menjadi penentu masa depan perbankan. Disajikan dengan bahasa yang renyah agar pembaca dapat menikmati, termotivasi, dan terinspirasi dalam menyambut datangnya era baru perbankan digital.

Subjek

BANK
 

Katalog

Digital Banking Revolution: Belajar dari Digital CIMB Niaga & Tips Bertahan di Era Fintech
978-602-5834-49-3
644.: ill.; 21 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Arwin Rasyid
Perorangan
 
 

Penerbit

Rayyana Komunikasindo
Jakarta
2020

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1V2 - APPLIED BIG DATA IN FINTECH INDUSTRY
  • EMI1X2 - FINTECH PERSONAL FINANCE AND PAYMENT
  • ELI1W2 - MANAJEMEN RESIKO FINTECH
  • KBI3J3 - LEMBAGA DAN TEKNOLOGI KEUANGAN
  • IEI4I3 - ERP - KEUANGAN
  • KBI2F3 - KEUANGAN
  • IEI4P3 - KEUANGAN DIGITAL
  • EMI1W2 - MANAJEMEN RESIKO FINTECH
  • ELI1X2 - PEMBAYARAN DAN PERENCANAAN KEUANGAN FINTECH
  • ELI2B3 - PENERAPAN BIG DATA DI INDUSTRI FINTECH

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini