PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI YANG DIMEDIASI OLEH KOMPENSASI (UPAH/BENEFIT) PADA PRODUK ORIFLAME (Studi Pada Member Multi Level Marketing Oriflame dalam komunitas M3Network Medan)

JUNIYANTI BR NAINGGOLAN

Informasi Dasar

21.04.319
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Oriflame adalah salah satu perusahaan kecantikan berbasis MLM . Produk Oriflame di pasarkan dengan sistem penjualan langsung yang dikembangkan dan dijalankan oleh para member Oriflame beserta anggota lain dalam jaringan nya. Oriflame menjadi kosmetik yang paling banyak diperbincangkan dimedia sosial mencapai 55.259 percakapan dalam periode September 2020. Electronic word of mouth yang dibentuk Oriflame sebagai salah satu program pemasaran produk dibantu oleh para member. Adanya kompensasi yang diberikan Oriflame kepada member Oriflame mendorong minat untuk terus melakukan pembelian dan mencari pelanggan potensial untuk bekerjasama mendapatkan kompensasi tersebut . Adanya kompensasi yang ditawarkan Oriflame ternyata belum tentu membuat para member untuk selalu melakukan pembelian produk Oriflame yang ditandai dengan banyaknya member Oriflame yang tidak aktif dalam periode yang lama sehingga akan mempengaruhi kompensasi yang akan diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM terhadap minat beli melalui kompensasi pada produk Oriflame dalam komunitas M3Network Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 100 orang member aktif dalam komunitas M3Network di bawah jaringan Top One Oriflame Medan yang diperoleh dari metode non-probability sampling jenuh. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan software SMARTPLS 3.0. Adapun hasil dari penelitian ini dinyatakan dari nilai t-statistik dan R-Square yang menyatakan bahwa Electronic Word of Mouth terhadap minat beli berpengaruh secara signifikan dan positif sebagai pengaruh langsung. Dan Electronic word of mouth terhadap minat beli melalui kompensasi berpengaruh secara signifikan dan positif sebagai pengaruh tidak langsung. Maka efek mediasi dalam penelitian ini adalah Partial Mediation karena tidak ada perubahan secara signifikan antara pengaruh langsung dan tidak langsung.

Kata kunci : e-WOM, Kompensasi, Minat beli

Subjek

SOCIAL MEDIA
 

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI YANG DIMEDIASI OLEH KOMPENSASI (UPAH/BENEFIT) PADA PRODUK ORIFLAME (Studi Pada Member Multi Level Marketing Oriflame dalam komunitas M3Network Medan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUNIYANTI BR NAINGGOLAN
Perorangan
Arif Kuswanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini