H.O.S Tjokroaminoto : Dari Santri Menjadi Guru Tokoh Bangsa

Mikael Marasabessy

Informasi Dasar

21.01.276
297.092
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6a

Hadji Oemar Said (H.O.S.) Tjokroaminoto adalah lelaki berdarah priyai yang lebih memilih hijrah meninggalkan kehidupan yang mapan dengan terjun ke tengah-tengah masyarakat sebagai aktivis pergerakan Sarekat Islam untuk melawan segala bentuk penjajahan.

Tjokroaminoto meninggalkan gelar "Raden Mas" untuk kemudian menggunakan gelar "Hadji" di depan namanya, sebagai wujud perjuangan sebagai umat Islam dalam melawan imprealisme Barat. Gelar "haji" pada masa lalu sangat ditakuti oleh kolonial, karena haji pada masa lalu tak sekadar ritual tahunan, tetapi juga menjadi "muktamar" umat Islam dunia untuk membincangkan dan merumuskan perjuangan di dunia lslam, yang pada masa lalu banyak menderita karena penjajahan.

Tjokroaminoto lahir dari rahim santri, yang berjuang atas pijakan dan cara pandang Islam. la kemudian dikenal sebagai "Guru Para Tokoh Pendiri Bangsa." Ide dan cita-citanya melampaui zamannya. Ruh perjuangannya menginspirasi sepanjang perjalanan sejarah bangsa.

Buku ini hadir untuk memotret sosok Tjokroaminoto yang "islamis" sekaligus "nasionalis". Tokoh yang tak hanya berjuang untuk Islam, tetapi untuk bangsa ini secara umum. Karena itu, buku ini sangat layak untuk Anda miliki!

Subjek

BIOGRAPHY-EDUCATORS
 

Katalog

H.O.S Tjokroaminoto : Dari Santri Menjadi Guru Tokoh Bangsa
9789795929086
xxxiii, 213 p. : ill. ; 21 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Mikael Marasabessy
Perorangan
 
 

Penerbit

Pustaka Al-Kautsar
Jakarta
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini