ANALISIS MOTIVASI ECOPRENEUR PENGELOLA KAMPUNG SABER DALAM PENERAPAN PROGRAM SABILULUNGAN BERSIH DI KABUPATEN BANDUNG (Studi pada Desa Lebakmuncang Kabupaten Bandung)

MONICA MARLIYANTI PUTRI

Informasi Dasar

21.04.255
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sampah merupakan salah satu penyebab kerusaknya lingkungan diakibatkan karna masyarakat membuang sampah sembarangan. Bertambahnya sampah setiap hari di Kabupaten Bandung terus meningkat. Lebakmuncang adalah desa yang berada di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia. Desa Lebakmuncang menjadi salah satu desa yang terpilih untuk menerapkan program Kampung Sabilulungan Bersih. Dengan kehadiran para pengelola Kampung Saber di Desa Lebakmuncang menjadi salah satu solusi penanganan kerusakan lingkungan di desa tersebut walaupun belum seimbang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan dan menggambarkan realita empiric dibalik fenomena secara mendalam dan tuntas. Populasi dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara semi terstruktur para para pelaku ecopreneur atau para pengelola program Kampung Saber di Desa Lebakmuncang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor motivasi apa saja yang mempengaruhi para pengelola dalam menerapkan program Kampung Saber di Desa Lebakmuncang Kabupaten Bandung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan 3 narasumber utama, yaitu para pengelola Kampung Saber di Desa Lebakmuncang yang dianggap mampu untuk menjawab pertanyaan peneliti. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga narasumber lebih menerapkan motivasi menurut teori Kirkwood & Wolton adalah Green Values dan Making a Living. Para pengelola ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyebarkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan. Ketiga narasumber ini memiliki mandat atau amanah dari Pemerintah Kabupaten Bandung untuk mampu mengajak masyarakat desa Lebakmuncang untuk menabung sampah serta sebagai prasarana menyebarkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan kepada masyarakat desa sekitar. Kata Kunci : Motivasi, Ecopreneur, Kampung Sabilulungan Bersih, Desa Lebakmuncang.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS MOTIVASI ECOPRENEUR PENGELOLA KAMPUNG SABER DALAM PENERAPAN PROGRAM SABILULUNGAN BERSIH DI KABUPATEN BANDUNG (Studi pada Desa Lebakmuncang Kabupaten Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MONICA MARLIYANTI PUTRI
Perorangan
SISCA EKA FITRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini