ESTIMASI RISIKO KEGAGALAN DAN USULAN KEBIJAKAN paper PADA MESIN HURON DI PT.XYZ MENGGUNAKAN METODE RISK BASED MAINTENANCE (RBM)

FISYAIFUL AMIR

Informasi Dasar

21.04.229
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam dunia perindustrian sekarang ini mesin dapat diibaratkan sebagai jantung dari proses produksi, dimana saat mesin mengalami kerusakan maka proses produksi dapat terhambat ataupun dapat berhenti total tergantung seberapa parah kerusakan yang dialami mesin. Maka dari itu pemeliharaan mesin sangat dibutuhkan demi tercapainya proses produksi yang lancar dan dapat meminimalkan gangguan dalam proses produksi. PT.XYZ merupakan perusahaan industri manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk alat berat militer dan komersil. Pada penelitian kali ini penulis memilih Mesin Huron sebagai objek karena Mesin tersebut digunakan untuk proses yang penting dan mempunyai tingkat kerusakan paling tinggi diantara mesin lainnya. Mesin Huron merupakan mesin yang berfungsi untuk melakukan proses produksi komponen-komponen yang berukuran kecil sampai menengah seperti part komponen kapal laut, excavator, dan lain-lain. Mesin ini adalah mesin frais yang dimiliki oleh PT.XYZ. Pada penelitian kali ini penulis memfokuskan pengolahan data ke 2 komponen kritis yaitu Relay KA 1 dan Limit Switch. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dengan metode Risk Based Maintenance, Mesin Huron memiliki risiko sebesar Rp 235.744.047 (0,39%). Risiko tersebut melewati kriteria penerimaaan perusahaan yaitu Rp 179.712.000 (0,30% pendapatan per tahun) maka dari itu diperlukannya Interval Pemeliharaan mesin. Interval Pemeliharaan mesin huron pada komponen Relay KA1 1578.98 jam dan Limit Switch 1878,79 jam. Kata Kunci: Maintenance, Risk Based Maintenance, Interval Waktu Pemeliharaan Mesin

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

ESTIMASI RISIKO KEGAGALAN DAN USULAN KEBIJAKAN paper PADA MESIN HURON DI PT.XYZ MENGGUNAKAN METODE RISK BASED MAINTENANCE (RBM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FISYAIFUL AMIR
Perorangan
Judi Alhilman, Aji Pamoso
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini