ANALISIS PENDETEKSIAN SERANGAN DENIAL OF SERVICE (DOS) MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY METODE MAMDANI PADA JARINGAN INTERNET OF THINGS (IOT)

FARID MUHAMMAD

Informasi Dasar

21.04.209
621.319 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Munculnya Internet of Things (IoT) memudahkan masyarakat dalam melakukan banyak hal. IoT terjadi karena adanya hubungan antara jaringan internet dengan perangkat. Message Queueing Telemetry Transport (MQTT), merupakan salah satu protokol yang digunakan pada jaringan IoT. MQTT bersifat lightweight dan dapat menangani banyak client, sehingga cukup banyak digunakan dan dipilih. Keterbukaan dalam sistem MQTT membuat protokol mudah untuk terkena serangan, salah satunya adalah Denial of Service (DoS).

Oleh karena itu, diusulkan penelitian Tugas Akhir untuk menganalisis deteksi serangan DoS pada jaringan IoT dengan membuat sebuah rancangan Intrusion Detection System (IDS). Algoritma yang digunakan dalam pembuatan rancangan pendeteksian serangan DoS adalah logika fuzzy metode mamdani. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efisiensi algoritma yang digunakan dalam mendeteksi serangan dan Quality of Service (QoS) dari jaringan. Pengerjaan dibuat pada MATLAB dan akan dilakukan perbandingan QoS dengan Cooja Simulator.

Hasil pengujian didapatkan bahwa pendeteksian dengan synthetic network belum bisa dikatakan akurat karena belum dapat menunjukkan akurasi secara numerik. Beban trafik, ukuran paket, dan threshold pada pengujian MATLAB mempengaruhi hasil QoS yang didapatkan. Pada pengujian dengan Cooja, Accuracy tertinggi didapatkan sebesar 50.53%, Precision sebesar 50.60%, dan Recall sebesar 98.62%. Perbandingan QoS MATLAB dan Cooja memiliki perbedaan pada skenario serangan dan tanpa serangan, di mana pada throughput, MATLAB memiliki hasil paling besar daripada Cooja pada skenario tanpa serangan, dan pada delivery time, hasil Cooja lebih baik dari hasil pada MATLAB pada skenario serangan.

Kata Kunci: Deteksi, DoS, MQTT, Logika Fuzzy

Subjek

NETWORK SECURITY
 

Katalog

ANALISIS PENDETEKSIAN SERANGAN DENIAL OF SERVICE (DOS) MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY METODE MAMDANI PADA JARINGAN INTERNET OF THINGS (IOT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARID MUHAMMAD
Perorangan
Ida Wahidah, Arif Indra Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini