ANALISIS PERFORMANSI OFDM-FSO PADA KANAL KIM DAN KRUSE MENGGUNAKAN MODULASI 16-QAM

DWIKY NUGRAHA BAGUS MAHARDIKA

Informasi Dasar

21.04.169
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Faktor yang mendorong perkembangan sistem komunikasi optik adalah kebutuhan akan suatu sistem komunikasi dengan data rate yang tinggi dan dapat mengatasi terjadinya last-mile bandwith bottleneck. FSO adalah teknologi baru yang menawarkan transmisi data rate tinggi dan dapat mengatasi terjadinya last-mile bandwidth bottleneck. FSO merupakan salah satu jenis dari OWC yang mentransmisikan sinyal dari transmitter menuju receiver secara direct atau LoS menggunakan Laser. Fog dianggap sebagai tantangan utama untuk sistem FSO. Kondisi fog berpotensi menghasilkan pelebaran pulsa optik yang dapat menghasilkan ISI dan menurunkan kinerja sistem FSO. Di sisi lain, OFDM banyak digunakan dalam sistem komunikasi broadband kabel dan nirkabel karena ketahanannya terhadap ISI untuk meminimalisir nilai bit yang error.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisa performansi sistem FSO yang telah dikombinasikan dengan OFDM dan diharapkan performansi FSO dapat lebih optimal saat cuaca dalam kondisi fog dengan memperhatikan besaran nilai daya kirim laser dan jumlah subcarrier yang berbeda. Pemodelan sistem OFDM-FSO dan atenuasi fog yang akurat diharapkan dapat membantu operator telekomunikasi untuk merekayasa jaringan mereka dengan tepat di masa mendatang. Pada Tugas Akhir ini, OFDM-FSO disimulasikan menggunakan modulasi 16-QAM pada tiga jenis wavelength yaitu 850 nm, 1310 nm, 1550 nm dengan variasi jarak dari transmitter menuju receiver sejauh 0.5 km - 5 km dengan rentang per 0.1 km.

Hasil Tugas Akhir ini didapatkan bahwa nilai BER terhadap jarak yang optimal didapatkan pada saat menggunakan daya kirim sebesar 5 W, wavelength 1550 nm, dan subcarrier sebesar 512. Daya kirim laser dan jumlah subcarrier yang tinggi dapat meningkatkan jarak link menjadi semakin jauh. Hal ini disebabkan karena semakin besar daya kirim laser yang dipancarkan, maka photodetector dapat menangkap laser tersebut dengan lebih baik sehingga jarak link yang ditempuh juga dapat semakin jauh dan dengan menggunakan jumlah subcarrier yang besar maka akan mengurangi subcarrier spacing dan meningkatkan waktu simbol.

Kata Kunci: FSO, OFDM, Fog, Kanal Kim dan Kruse, BER.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION SYSTEM
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI OFDM-FSO PADA KANAL KIM DAN KRUSE MENGGUNAKAN MODULASI 16-QAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWIKY NUGRAHA BAGUS MAHARDIKA
Perorangan
Hurianti Vidyaningtyas, M. Irfan Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini