MONITORING KEBOCORAN DAN DEBIT AIR PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI PDAM BERBASIS IOT

ILHAM MAULANA NIZAMMUDIN

Informasi Dasar

21.04.147
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kebocoran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan ketidaksehatan PDAM dan biasanya memerlukan waktu yang lama untuk mengetahui kebocoran tersebut karena pemeriksaan masih dilakukan secara manual.

Pada tugas akhir ini dirancang suatu alat yang dapat untuk monitoring kebocoran debit air. Input dari sistem ini diperoleh dari sistem pengukur debit kemudian nilai tersebut akan dikirimkan ke cloud server. Sistem pengiriman data menggunakan modul sim900A yang diintegrasikan ke cloud server thingspeak dan aplikasi android. Perancangan sistem monitoring ini menggunakan data logger memori SD card sebagai back up data.

Pengujian ini dilakukan pada pagi, siang, sore, dan malam hari selama 15 menit untuk pengiriman data dilakukan per 15 detik, sedangkan untuk pengujian 20 menit, pengiriman data dilakukan per 2 menit pada siang hari. Output tugas akhir ini yaitu sistem dapat mengirimkan data ke cloud server pada pagi, siang, sore, dan malam hari dengan kehilangan paket pada proses pengiriman untuk waktu pagi, sore dan malam sebesar 5% sedangkan untuk siang hari sebesar 13,3%. Untuk pengiriman pada siang hari pengiriman per 2 menit sekali mengalami kehilangan paket sebesar 10%. Selain itu, juga dapat dilakukan monitoring melalui aplikasi android. Apabila mengalami kebocoran lebih besar 200 mL/s akan mendapat notifikasi kebocoran.

Kata Kunci: monitoring, Internet of Things, data logger, PDAM, modul sim900

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

MONITORING KEBOCORAN DAN DEBIT AIR PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI PDAM BERBASIS IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM MAULANA NIZAMMUDIN
Perorangan
Mohamad Ramdhani, Sigit Yuwono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini