IMPLEMENTASI DAN ANALISIS SYSTEM MONITORING TOOLS ICINGA PADA PUSAT DATA PT. XYZ

EDY RIZKY

Informasi Dasar

21.04.142
621.319 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Monitoring merupakan salah satu proses rutin pengumpulan data dan pengukuran objek suatu program atau sistem. Monitoring dilakukan dengan cara mendapatkan dan mengumpulkan data dari beberapa parameter seperti jaringan, bandwidth, link, service, traffict dan lain sebagainya. Saat ini banyak sekali tools yang bisa digunakan dalam monitoring salah satunya adalah Icinga. Icinga merupakan salah satu aplikasi open source yang biasa digunakan untuk memonitoring host, aplikasi, service dan link. Icinga menyimpan informasi dalam suatu log berupa grafik secara detail dan bisa disimpan dalam jangka panjang serta adanya notifikasi untuk perubahan kondisi pada monitoring jaringan,

Monitoring dilakukan dengan cara melakukan pengujian ping pada target, Icinga akan melakukan broadcast secara berkala dalam waktu 90 detik untuk sekali pengujian pada satu target. Objek pengujian berupa gateway ISP yang digunakan pada pusat data. Data hasil pengujian akan dikirimkan kembali pada server monitoring untuk kemudian dirubah menjadi log yang kemudian akan disimpan pada database Icinga dan hasil pengujian tersebut juga dirubah menjadi pesan untuk dikirimkan pada user sebagai notifikasi.

Penggunaan Icinga pada pusat data PT. XYZ diketahui berfungsi dengan sangat baik, Monitoring link pada ISP, switch, dan Biller mendapatkan rasio uptime sebesar 100,00% dan monitoring link pada Mitra mendapatkan rasio uptime sebesar 99,992% yang mana masih dalam status yang sangat baik.

Kata Kunci : Icinga, bandwidth, Monitoring, Host, Link, Availability.

Subjek

NETWORK MANAGEMENT
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS SYSTEM MONITORING TOOLS ICINGA PADA PUSAT DATA PT. XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EDY RIZKY
Perorangan
Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto, Ahmad Almaarif
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini