Pemberitaan Partisipasi Politik Tunagrahita Pada Pemilu 2019 (Analisis Framing pada Peraturan Keikutsertaan Tunagrahita Sebagai Pemilih di detik.com)

ANNISA PUTRI

Informasi Dasar

21.04.111
174.907
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkaitan dengan hak sipil disabilitas, pada Pemilu 2019, KPU memasukkan para penyandang tunagrahita atau disabilitas mental sebagai pemilih. Keputusan tersebut dilakukan atas hasil rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setelah pada pemilu sebelumnya penyandang disabilitas mental tidak termasuk pada daftar pemilih. Pengajuan rekomendasi tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya penyelamatan hak politik, bahwa tunagrahita atau disabilitas mental ini tetap harus didata sebagai pemilih. Namun dengan adanya isu tersebut, isu disabilitas bisa dibingkai dan dapat memberikan stereotype negatif yaitu berupa marginalisasi pada penyandang disabilitas. Dalam penelitian ini, peneliti membahas seperti apa pemilih tunagrahita dipahami oleh detik.com, apakah secara negatif atau positif, atau dengan bias yang lain. Peneliti menggunakan framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang melihat pembingkaian berita dari struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa detik.com menonjolkan pihak KPU sebagai sebagai pihak yang secara positif mengikutsertakan para pemilih tunagrahita dan menunjukkan pemaknaan yang negatif dilihat dari pengambilan sudut pandang politisi dan orang penting yang menonjolkan respon negatif terhadap para pemilih tunagrahita serta penggunaan istilah penyebutan bagi penyandang disabilitas mental. Kesimpulan dari penelitian ini adalah detik.com lebih menunjukkan keberpihakan pada pihak otoritas serta menekankan pemaknaan dan pandangan negatif terhadap pemilih tunagrahita.

Subjek

Journalistics
 

Katalog

Pemberitaan Partisipasi Politik Tunagrahita Pada Pemilu 2019 (Analisis Framing pada Peraturan Keikutsertaan Tunagrahita Sebagai Pemilih di detik.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA PUTRI
Perorangan
RENI NURAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini