PENERAPAN K-MEANS UNTUK CLUSTERING DATA INDEKS STANDAR PENCEMARAN UDARA (ISPU) PROVINSI DKI JAKARTA

GHINA NADIAH

Informasi Dasar

21.04.104
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pencemaran Udara merupakan salah satu masalah yang cukup mengkhawatirkan yang dikenal dunia sejak ratusan tahun lalu. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana (KLHK) sumber utama terjadinya pencemaran udara di kota-kota besar termasuk DKI Jakarta yaitu penggunaan kendaraan bermotor yang terlalu banyak. Untuk memantau pencemaran udara setiap harinya, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengoperasikan Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU). Alat tersebut ditempatkan di lima titik yang dinamakan dengan DKI1, DKI2, DKI3, DKI4 dan DKI5.

Data mining merupakan metode yang cocok untuk dapat mengetahui informasi pencemaran udara di Provinsi DKI Jakarta. Metode data mining yang digunakan yaitu clustering, kenapa perlu clustering karena metode ini dapat mengolah data parameter Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menjadi informasi yang memberitahukan wilayah-wilayah yang terdiri dari beberapa tingkat pencemaran udara. Penelitian ini mengambil data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dan menguji dengan algoritma K-Means.

Data akan di kelompokkan menjadi 3 cluster dengan hasil yang didapat dari algoritma K-Means mendapat validasi 0, 360945628; 0, 400584302; 0, 401451793. Setelah kelompok pencemaran udara dari 3 cluster di urutkan berdasarkan wilayah dan pengaruh pencemaran udara yang tertinggi pada parameter O3 . Setelah melakukan penelitian ini lalu nanti nya hasilnya akan dipakai sebagai usulan untuk bertransformasi menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan guna menurunkan kadar pencemaran udara.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PENERAPAN K-MEANS UNTUK CLUSTERING DATA INDEKS STANDAR PENCEMARAN UDARA (ISPU) PROVINSI DKI JAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHINA NADIAH
Perorangan
EDI SUTOYO, AHMAD MUSNANSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini