Khilafah : Konsep vs. Realitas

Abdurrahman Abdullah

Informasi Dasar

21.01.189
297.272
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Mengapa ide “khilafah”, yang dorman selama hampir satu abad, tiba-tiba menyeruak ke permukaan? Penyebabnya tentu kompleks, tetapi sekurang-kurangnya bisa dilacak pada dua faktor: faktor internal umat Islam dan faktor eksternal.

Secara internal, ide khilafah berpaut dengan ide tentang Islam kaffah yang meyakini Islam mesti menjadi panduan hidup di segala bidang, termasuk politik. Tafsir politik atas Islam kaffah itulah yang, antara lain, melahirkan konsep tentang khilafah. Namun, konsep khilafah tersebut ternyata berwajah majemuk dan sama sekali tidak monolitik.

Adapun secara eksternal, hegemoni politik-ekonomi dan dominasi epistemologi Barat terhadap Dunia Islam memberi tekanan kuat bagi umat Islam untuk merumuskan sendiri politik Islam secara genuine dan powerful.

Persis di sinilah signifikansi buku ini, yang hendak menyoroti pelbagai argumen seputar khilafah itu dan bagaimana pula ide-ide tersebut bekerja dalam realitas sejarah umat Islam, sejak era Khulafaur Rasyidin hingga Kekhalifahan Utsmani, serta kemunculan HTI di Indonesia.

Subjek

Islam & politics
 

Katalog

Khilafah : Konsep vs. Realitas
978-602-441-172-5
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Abdurrahman Abdullah
Perorangan
 
 

Penerbit

Mizan
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini