PENGAPLIKASIAN SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK PENGIRIM AUDIO, VIDEO

MOCHAMAD RANGGA PUTRA PRATAMA

Informasi Dasar

21.04.011
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini pengiriman data, suara dan gambar hanya menggunakan Bluetooth yang di integrasikan kedalam seluruh perangkat mobile modern. Meski dapat mengirimkan suatu sinyal data, audio dan gambar tetapi tidak dapat mengirimkan video bergerak, ini merupakan suatu kekurangan yang cukup mengganggu. Lalu penggunaan lampu yang hanya sebagai penerangan saja dalam penelitian komunikasi cahaya tampak Visible Light Communication (VLC) yang menggunakan cahaya sebagai pengirim sinyal informasi akan menambah efesiensi lampu, memungkinkan bahwa suatu hari peralatan mobile akan manggunakan cahaya tampak sebagai transceiver untuk akses ke internet maupun hiburan multimedia.

Dalam tugas akhir ini telah melakukan perancangan alat VLC pada bagian pengirim memanfaatkan transmisi cahaya tampak untuk mengirimkan audio, video. Alat komunikasi yang dirancang merupakan komunikasi Half Duplex dengan terdapat blok Transmitter. Data yang di transmisikan berupa audio dan video yang akan dikeluarkan melalui speaker dan monitor.

Hasil yang didapat Transmitter yang diuji dengan mengirimkan audio dan video ke Receiver yang dilakukan didapatkan hasil bahwa lampu tidak hanya bisa untuk penerangan tetapi bisa mengirimkan sinyal informasi berupa suara dan video, lalu jarak jangkauan yang dihasilkan maksimal 2 m dikondisi gelap, jarak jangkauan maksimal 1 m dalam kondisi terang, sudut jangkauan maksimal 15? dalam kondisi terang dan dalam kondisi gelap 25? menggunakan alat ukur Lux meter.

Subjek

Tellecommunication systems
 

Katalog

PENGAPLIKASIAN SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK PENGIRIM AUDIO, VIDEO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD RANGGA PUTRA PRATAMA
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, BRIAN PAMUKTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini