IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO SHIPPING MODULE DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA PT. KARANA LOGISTIK INTERNASIONAL

BEN HUGHIE REZANDA

Informasi Dasar

20.04.4571
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Logistik merupakan suatu ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan proses penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan, dan penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan. Pada bagian logistik juga terdapat shipping atau yang biasa sering disebut pengiriman. Shipping merupakan salah satu bagian dari logistik. Shipping memiliki suatu tujuan tersendiri untuk mengirimkan barang tepat waktu dan dengan kondisi yang sebaik-baiknya.

Dari banyak perusahaan yang menggunakan ilmu logistik terutama pada bagian shipping, salah satunya adalah PT. Karana Logistik Internasional. PT. Karana Logistik Internasional merupakan suatu perusahaan logistik yang bertempat di Jakarta. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1989 dan sudah cukup memiliki pengalaman lebih dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lainnya pada bidang logistik. Meskipun PT. Karana Logistik Internasional tergolong perusahaan besar, tetapi perusahaan ini belum menggunakan sistem yang mengatur sumber daya yang ada pada perusahaan ini sepenuhnya. Termasuk dengan bagian shipping, warehousing, dan bagian bagian lainnya.

Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada PT. Karana Logistik Internasional untuk menerapkan ilmu Enterprise Resource Planning (ERP). ERP dibutuhkan oleh PT. Karana Logistik Internasional untuk mengatur segala sumber daya yang ada pada perusahaan tersebut termasuk pada proses shipping.

ERP didukung oleh aplikasi yang menerapkan ilmu ini. Dari banyaknya aplikasi yang menerapkan ilmu ERP, peneliti menyarankan PT. Karana Logistik Internasional untuk menggunakan aplikasi Odoo. Pada aplikasi ini terdapat berbagai macam modul, dan modul yang peneliti gunakan adalah Shipping Module. Tujuannya untuk mengatur bidang Shipping pada PT. Karana Logistik Internasional agar lebih teratur dengan baik.

Pengaplikasian Odoo pada PT. Karana Logistik Internasional menjadi hal yang tepat karena menurut penilaian pengujian menggunakan Black Box Testing bahwa implementasi yang dilakukan pada proses bisnis shipping menggunakan Shipping Module pada Odoo adalah valid.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO SHIPPING MODULE DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA PT. KARANA LOGISTIK INTERNASIONAL
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BEN HUGHIE REZANDA
Perorangan
R. Wahjoe Witjaksono, Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini