IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO WAREHOUSE MODULE DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA PT. KARANA LOGISTIK INTERNASIONAL

ANISYA ANGGITA FEBRYANTI

Informasi Dasar

20.04.4568
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Karana Logistik Internasional merupakan sebuah perusahaan logistik yang bergerak pada jasa pengiriman barang internasional, yang menyediakan jasa melalui jalur laut maupun udara. Salah satu produk yang ditawarkan perusahaan adalah jasa pergudangan. Dalam menjalankan proses bisnis pergudangan, PT. Karana Logistik Internasional memiliki kendala dalam menjalankannya. Dikarenakan masih digunakannya Microsoft Excel terhadap pendataan sumber daya alat. Hal tersebut memberikan efek tidak efisien terhadap proses bisnis yang ada. Dikarenakan pekerjaan membutuhkan sumber daya dan waktu yang lebih banyak, dan membuat data informasi yang ada pada suatu divisi tidak bisa dilihat oleh divisi lainnya.

Pergudangan dalam bisnis PT. Karana Logistik Internasional merupakan salah satu hal yang signifikan. Yang berarti jika masih adanya pengelolaan pergudangan yang belum baik, dapat berakibat fatal terhadap perusahaan. Dikarenakan, jika proses pergudangan masih belum terkelola dengan baik, akan menghambat proses-proses lainnya dalam perusahaan. Dan juga proses pencatatan dalam pergudangan masih belum memadai, dikhawatirkan perusahaan akan kesulitan dalam penanganan barang di dalam gudang, dan masih belum ada integrasi antara pergudangan dengan proses bisnis lain ditakutkan perusahaan tidak mampu bersaing dengan perusahaan yang memiliki bidang yang sama.

Dari permasalahan tersebut, dapat diberikannya sebuah solusi dalam pengupayaan perusahaan untuk dapat terus bersaing di pasar logistik yang sudah modern ini. Solusi yang diberikan adalah dengan digunakannya sebuah sistem Enterprise Resource Planning yang dapat membantu perusahaan dalam melaksanakan proses bisnisnya. Sistem ERP yang digunakan adalah Odoo. Dengan Odoo, perusahaan dapat mengupayakan pemaksimalan nilai jual yang dimiliki oleh perusahaan, khususnya dalam bagian pergudangan. Dengan diterapkannya Inventory Module yang apa pada Odoo, perusahaan dapat dengan mudah melihat trankaksi yang telah dilakukan dalam proses bisnis pergudangan. Dengan diterapkannya Odoo pada PT. Karana Logistik Internasional, diharapkan juga data-data pergudangan dapat dilihat oleh bagian perusahaan lainnya, sehingga data yang dibutuhkan dapat mudah diakses secara langsung dengan aplikasi Odoo.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO WAREHOUSE MODULE DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA PT. KARANA LOGISTIK INTERNASIONAL
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANISYA ANGGITA FEBRYANTI
Perorangan
R. Wahjoe Witjaksono, Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini