ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI (Studi pada Mahasiswa di Kota Jakarta)

CITRA MARIA NATASYA

Informasi Dasar

20.04.4412
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang dikenal memiliki tingkat konsumtif yang cukup tinggi. Tingkat konsumtif dapat terjadi karena rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang ditunjukkan melalui sikap keuangan yang tidak baik pula, dimana mereka belum dapat mengelola keuangan yang mereka miliki dengan baik. Banyak mahasiswa yang mengandalkan uang saku dari orang tuanya untuk memenuhi segala bentuk konsumtif yang mereka miliki. Namun nyatanya, uang saku yang diberikan tidak akan pernah cukup jika mahasiswa tidak memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang baik. Di tengah tingkat literasi keuangan yang rendah, sikap keuangan yang tidak diiringi oleh pengetahuan yang cukup, serta uang saku yang masih mengandalkan pendapatan orang tua, dapat membuat perilaku manajemen keuangan pribadi yang dimiliki mahasiswa tergolong memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan pendapatan orang tua terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi pada mahasiswa baik secara parsial maupun simultan. Melihat tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif sebagai metode untuk mencapai tujuan penelitian. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 400 orang mahasiswa di Kota Jakarta. Metode statistik yang digunakan adalah uji t untuk menguji bagaimana pengaruh tiap-tiap variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji F untuk menguji bagaimana pengaruh variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengukur intensitas hubungan antara variabel independen dan dependen. Untuk menguji reliabilitas, maka digunakan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan, sikap keuangan, dan pendapatan orang tua terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi mahasiswa di kota Jakarta. Secara individu, literasi keuangan dan sikap keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi mahasiswa di kota Jakarta. Namun, pendapatan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi mahasiswa di kota Jakarta.

Kata Kunci: Perilaku Manajemen Keuangan Pribadi, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Pendapatan Orang Tua, Perilaku Keuangan

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI (Studi pada Mahasiswa di Kota Jakarta)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CITRA MARIA NATASYA
Perorangan
Andrieta Shintia Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini