PENGARUH DANA PERIMBANGAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN BELANJA MODAL TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus Kabupaten Banyuwangi Periode 2011-2018)

DE VIVIANT DEWANTY

Informasi Dasar

20.04.4336
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah merupakan kemampuan pemerintah daerah dalam membiayai sendiri kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang telah membayar pajak dan retribusi sebagai sumber pendapatan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Dana Perimbangan, Pertumbuhan Ekonomi, dan Belanja Ekonomi terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah pada website resmi pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah dari tahun 2011 hingga tahun 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 32 sampel yang terdiri dari data Dana Perimbangan, Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Modal, dan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Dana Perimbangan, Pertumbuhan Ekonomi, dan Belanja Modal berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah di Kabupaten Banyuwangi periode 2011-2018. Sedangkan secara parsial, variabel Dana Perimbangan tidak berpengaruh terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah. Variabel Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah. Dan variabel Belanja Modal tidak berpengaruh terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah.

Kata kunci: Dana Perimbangan, Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Modal, Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH DANA PERIMBANGAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN BELANJA MODAL TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus Kabupaten Banyuwangi Periode 2011-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DE VIVIANT DEWANTY
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari, Wiwin Aminah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini