ANALISIS PERFORMANSI MODUL PROFILING PADA APLIKASI DATA QUALITY MANAGEMENT BERBASIS OPEN SOURCE

KARINA FARIZKI SALMAWATI

Informasi Dasar

20.04.4335
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data digunakan sebagai sumber informasi untuk mengambil keputusan yang menetukan kesuksesan suatu organisasi. Data dengan kualitas yang baik dapat menghasilkan keputusan yang dapat menentukan kesuksesan suatu bisnis. Sebaliknya ketika data tersebut dalam kondisi kotor, data tersebut dapat berdampak negatif bagi bisnis. Tidak bisa dipastikan bahwa data yang masuk dan tersedia selalu memiliki kualitas yang baik.

Pada kenyataannya masih banyak perusahaan yang memiliki kualitas data kurang baik, salah satu organisasi pemerintahan yang penulis gunakan sebagai studi kasus pada penelitian. Untuk memastikan hal tersebut maka perlu dipastikan dengan melakukan data quality management. Data quality management adalah kumpulan kegiatan yang dilakukan untuk memastikan bahwa data yang akan digunakan dan diolah memiliki kualitas yang baik. Dengan melakukan data quality management yang tepat maka dapat mengukur, menilai, meningkatkan serta memastikan bahwa data dalam kualitas yang baik. Dalam data quality management terdapat serangkaian strategi yang dilakukan yaitu data profiling, data cleansing, data monitoring, dan data integration. Data profiling merupakan proses mendeteksi data yang tidak konsisten, salah, hilang dan duplikasi. Data profiling adalah proses untuk mendeteksi data yang tidak konsisten, salah, hilang, dan duplikat dalam suatu kumpulan data yang akan diperbaiki. Beberapa tool aplikasi dapat digunakan untuk membantu proses data profiling Sebagian tool yang tersedia merupakan tool berbayar. Oleh karena itu dapat beralih ke tool open source. Seringkali tool dengan sumber terbuka memiliki perbedaan dengan tool berbayar seperti fungsi dan performansi aplikasi.

Performansi aplikasi merupakan salah satu masalah yang seringkali muncul dalam implementasi aplikasi. Seringkali pengguna menggangap aplikasi yang digunakan memiliki masalah sehingga berdampak aplikasi tersebut tidak akan digunakan kembali. Untuk itu performansi aplikasi merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam implementasi aplikasi.

Dalam penelitian ini, akan membahas mengenai perbaikan tool aplikasi data profiling yang telah dibuat pada penelitian sebelumnya. Perbaikan aplikasi data profiling tersebut bertujuan untuk meningkatkan performansi fungsi data profiling dari sisi waktu. Pada fungsi profiling tingkat performansi aplikasi dinilai masih rendah, diketahui dari response time yang dibutuhkan.

Subjek

SYSTEM ENGINEERING - DATA PROCESSING
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI MODUL PROFILING PADA APLIKASI DATA QUALITY MANAGEMENT BERBASIS OPEN SOURCE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KARINA FARIZKI SALMAWATI
Perorangan
TIEN FEBRIANTI KUSUMASARI, EKKY NOVRIZA ALAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini