Segmentasi Produk Berdasarkan Data Transaksi Penjualan Menggunakan Agglomerative Hierarchical Clustering dan Model FMC (Studi Kasus: Perusahaan XYZ)

CRISNANDRA RAHMITA MARDIANTIEN

Informasi Dasar

15 kali
20.04.4317
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ketersediaan data dalam jumlah besar dan dimensi data yang terus berkembang menjadi tantangan bagi perusahaan untuk menciptakan peluang bisnis dengan memanfaatkan data tersebut. Jumlah data yang banyak menyebabkan perusahaan mencari informasi dari data tersebut sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis mereka. Pengetahuan atau informasi dari data dapat ditemukan dengan menggunakan salah satu teknik dalam data mining yaitu analisis klaster. Analisis klaster memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi tentang objek segmen pada data yang dimiliki perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan analisis klaster untuk segmen produk obat pada data transaksi Perusahaan XYZ menggunakan model pendekatan bisnis FMC (Frequency, Monetary, and Customer Variety) dan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam data transaksi obat Perusahaan XYZ terdapat delapan segmen produk yang dapat memberikan informasi kepada Perusahaan XYZ. Oleh karena itu, dengan adanya segmentasi produk tersebut, Perusahaan XYZ dapat mengetahui produk yang membutuhkan perhatian lebih dan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk tersebut.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Segmentasi Produk Berdasarkan Data Transaksi Penjualan Menggunakan Agglomerative Hierarchical Clustering dan Model FMC (Studi Kasus: Perusahaan XYZ)
 
-
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CRISNANDRA RAHMITA MARDIANTIEN
Perorangan
IMELDA ATASTINA , IBNU ASROR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini