KLASIFIKASI EKSPRESI WAJAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOCAL BINARY PATTERN (FLBP) DAN WEBER LOCAL DESCRIPTOR (WLD) DENGAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

ZUQNI GINA PUSPITA

Informasi Dasar

20.04.4087
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ekspresi wajah pada umumnya adalah salah satu bentuk interaksi non verbal pada manusia. Ekspresi wajah merupakan perubahan otot pada wajah sebagai hasil dari kondisi emosi seseorang. Selama satu dekade, peneliti telah melakukan penelitian terhadap ekspresi wajah yang bertujuan untuk mengindentifikasi kondisi emosi seseorang. Pada bidang pendidikan, kondisi emosional dan motivasi siswa dapat mempengaruhi proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada Tugas Akhir dirancang sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan jenis ekspresi wajah. Citra masukan berupa citra wajah di mana citra tersebut akan diolah menggunakan program MATLAB melalui beberapa tahap diantaranya preprocessing, ekstraksi ciri Fuzzy Local Binary Pattern (FLBP), ektraksi ciri Weber Local Descriptor (WLD), dan proses klasifikasi menggunakan Support Vector Machine (SVM). Pada tahap preprocessing, dilakukan deteksi wajah menggunakan Algoritma Viola Jones, cropping bagian wajah yang terdeteksi, dan diresize menjadi resolusi 134 × 114 piksel. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah klasifikasi jenis ekspresi wajah. Ekspresi wajah akan dibagi ke dalam tujuh kelas, yaitu senang, sedih, marah, kaget, takut, jijik, dan netral. Total data adalah 203 data, dengan 133 data latih dan 70 data uji. Hasil penelitian ini memiliki akurasi sebesar 92,8571%, precision sebesar 92,8571%, recall sebesar 92,8571% dan waktu komputasi sebesar 5,6405 detik.

Subjek

IMAGE PROCEESING
 

Katalog

KLASIFIKASI EKSPRESI WAJAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOCAL BINARY PATTERN (FLBP) DAN WEBER LOCAL DESCRIPTOR (WLD) DENGAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZUQNI GINA PUSPITA
Perorangan
Ledya Novamizanti, Ema Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini