IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BODY MASS INDEX BERBASIS WEBSITE

HAFIZAL AWI

Informasi Dasar

20.04.3929
910.285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Body Mass Index (BMI) merupakan acuan dalam pengukuran status gizi. Dengan perhitungan BMI dapat diketahui seseorang mengalami obesitas atau mengalami gizi buruk. Obesitas dan gizi buruk merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi oleh setiap negara, bahkan negara maju sekalipun. Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO, pada tahun 2008 sekitar 1.5 miliar orang dewasa mengalami kelebihan berat badan ( BMI >= 25 kg/m2 ), dimana diantaranya terdapat 200 juta laki-laki dan 300 juta wanita mengalami obesitas ( BMI >= 30 kg/m2 ). Bahkan di Asia Tenggara telah terjadi 300.000 kasus kematian yang diakibatkan oleh obesitas. Prevalensi obesitas di Indonesia juga semakin meningkat dari tahun ke tahun, berdasarkan RISKESDAS Kementrian Kesehatan Indonesia, pada tahun 2018 tingkat prevalensi obesitas di Indonesia sebesar 21,8% dimana pada tahun 2013 nilai prevalensi obesitas masih 14,8%. Masalah lain yaitu Gizi buruk, yang pada umumnya dialami oleh balita. Faktor utama penyebab gizi buruk adalah masalah ekonomi. Untuk nilai prevalensi gizi buruk pada balita di Indonesia pada tahun 2018 sebesar 3.9% dan gizi kurang 13,8%.

Untuk mengetahui status gizi di suatu daerah, pemerintah atau lembaga kesehatan membutuhkan data Body Mass Index (BMI). Body Mass Index (BMI) merupakan sebuah standar rumus yang dikeluarkan oleh WHO yang sering dijadikan sebagai acuan dalam menentukan status gizi. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah wadah yang menampung data BMI untuk kemudian di representasikan kedalam sebuah sistem informasi geografis, sehingga sebaran status BMI di suatu daerah dapat diketahui.

Dalam Tugas Akhir telah di implementasikan sebuah sistem informasi geografis dengan memanfaatkan data BMI yang telah diperoleh dari hasil perhitungan untuk melihat sebaran status BMI pada Kabupaten Bandung. Berdasarkan pengujian, seluruh fungsionalitas pada website berjalan dengan baik dan telah menampilkan data BMI serta persebaran data BMI di Kabupaten Bandung, kemudian berdasarkan pengujian subjektivitas didapatkan hasil yang cukup baik.

Kata Kunci: BMI, Obesitas, Gizi buruk, Sistem Informasi Geografis.

Subjek

GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BODY MASS INDEX BERBASIS WEBSITE
 
xiv, 36p.; il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZAL AWI
Perorangan
ISTIKMAL
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini