MEMBANGUN APLIKASI WEB PADA STARTUP TITIP MASA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL

RIFQI ROSIDIN

Informasi Dasar

20.04.3890
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jasa titip merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang sedang berpergian ke suatu tempat dan kemudian membuka jasa titip pembelian barang yang sesuai keinginan orang yang menitip.Ditambah lagi, antusias masyarakat Indonesia untuk berlibur di dalam negeri maupun di luar negeri semakin banyak. Berdasarkan hasil survei, 86% orang Indonesia yang disurvei menyatakan bahwa mereka lebih suka berlibur di dalam negeri sementara 14% memilih untuk liburan di luar negeri. Sehingga, moment seperti ini menjadi ajang untuk membuka peluang bisnis jasa titip antara orang yang bepergian (Personal Shopper) dengan orang yang menitip (requester). Seiring dengan berkembanganya waktu, proses jasa titip terus berkembang,oleh karena itu, diperlukan sebuah platform yang dapat membantu dalam melakukan transaksi jasa titip.

Berdasarkan survei yang dilakukan saat ini sebanyak 57.6% orang yang melakukan jasa titip masih menggunakan jejaring sosial seperti instagram sebagai media promosinya, dan sebesar 39% menggunakan lisan dalam melakukan promosi. Ketika jasa titip menggunakan instagram informasi yang diberikan hanya sebatas follower yang ada, artinya orang yang tidak mengikuti akun tersebut tidak tahu informasi tentang jasa titip tersebut. Oleh karena dibutuhkan sebuah platform yang dapat menghubungkan antara orang yang berpegian (personal shopper) dengan orang yang tidak berpegian yang ingin membeli barang dan tidak ingin keluar dari rumah (requester). Titip Masa dapat menjadi solusi layanan aplikasi untuk membantu permasalahan tersebut. Titip Masa adalah aplikasi yang menghubungkan antara orang yang tidak berpegian dengan orang yang melakukan perjalanan ke dalam maupun luar negeri.

Aplikasi Titip Masa ini dapat diakses menggunakan web browser, karena aplikasi ini berbasis web jadi perangkat yang dapat digunakan adalah smartphone, iphone dan laptop. Pengembangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman php dan framework laravel. Fitur yang akan dikembangkan dalam aplikasi Titip Masa yaitu kelola akun, kelola trip, kelola transaksi, kelola titip belanja, kelola titip kirim barang, kelola admin. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode iterative incremental. Metode ini digunakan karena kebutuhan user selalu berkembang dan berubah – ubah, sehingga metode ini cocok, karena sistem pengembangannya bertahap dan berulang - ulang. Tahapan pengembangan aplikasi ini meliputi fase inception, elaboration, construction dan transition.

Kata kunci : Personal Shopper, requester, jasa titip, aplikasi web

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN APLIKASI WEB PADA STARTUP TITIP MASA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQI ROSIDIN
Perorangan
Rachmadita Andreswari, Ekky Novriza Alam
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini