IDENTIFIKASI KONSEP ECOPRENEURSHIP PADA GENERASI – Z UNTUK MEWUJUDKAN AGENDA SDGS 2030 (STUDI PADA PROGRAM “PATRIOT” SMK TELKOM BANDUNG)

MOHAMMAD JAKA GUNINGRAT

Informasi Dasar

20.05.132
338.04
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah suatu rencana aksi global berisikan 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030, yang telah menjadi kesepakatan para pemimpin dunia (Indonesia masuk salah satunya), yang bertujuan untuk mengakhiri kondisi kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan juga melindungi lingkungan. Salah satu tujuan pada SDGs yang jadi fokus di Indonesia adalah tujuan ke-4 yaitu Quality Education (pendidikan yang berkualitas). Tujuan ke-4 tersebut yaitu “Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.” Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penerapan dan edukasi ecopreneurship pada peserta didik dalam program PATRIOT SMK Telkom Bandung, serta mengetahui posisi peran program PATRIOT SMK Telkom Bandung dalam rangka mencapai tujuan SDGs ke-4. Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan pada program Pendidikan Integritas dan Orientasi Kedisplinan (PATRIOT) yang dijalankan pada SMK Telkom Bandung, memberikan gambaran bahwa program tersebut telah memberikan edukasi terhadap konsep ecopreneurship dan sejalan dengan SDGs tujuan ke-4. Fenomena dalam penelitian ini dieksplorasi menggunakan metode studi lapangan. Teknik pengambilan data adalah dengan kuesioner dan pengumpulan data primer. Responden yang terlibat adalah peserta didik sebanyak 326 orang dan guru Pembina sebanyak 10 orang. Responden akan diberikan kuesioner mengenai konsep ecopreneurship yang terdiri dari tiga aspek (Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial) dan penerapan konsep Quality Education pada target ke-4 dan ke-7. Pada penelitian ini didapatkan bahwa program PATRIOT SMK Telkom Bandung memberikan berperan terhadap edukasi konsep ecopreneurship dan dalam mencapai target SDGs tujuan ke-4. Hasil penelitian didapatkan data yakni responden peserta didik menjawab Setuju dengan nilai rata-rata sebesar 3.72, 4.32, dan 4.36. Sedangkan responden guru Pembina menjawab Setuju dengan nilai rata-rata sebesar 4.25, serta menjawab Sangat Setuju dengan nilai sebesar 4.76 dan 4.82. Pada konsep Quality Education responden peserta didik menjawab Setuju dengan nilai rata-rata sebesar 3.83 dan 4.01, dan pada responden guru Pembina menjawab Setuju dengan nilai rata-rata sebesar 4.2 dan Sangat Setuju dengan nilai sebesar 4.53. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan untuk proses pengecekan, penerapan, dan evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter di setiap sekolah untuk menjamin Quality Education. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan arahan dan penguatan mengenai konsep ecopreneurship dalam meningkatkan jumlah wirausaha terdidik pada tahun 2030. Kata Kunci: Penguatan Pendidikan karakter, ecopreneurship, Sustainable Development Goals, Quality Education

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

IDENTIFIKASI KONSEP ECOPRENEURSHIP PADA GENERASI – Z UNTUK MEWUJUDKAN AGENDA SDGS 2030 (STUDI PADA PROGRAM “PATRIOT” SMK TELKOM BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD JAKA GUNINGRAT
Perorangan
Ratna Lindawati Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • MM400014 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini