Hubungan Motif Penggunaan Media dan Kebutuhan Pengguna Media Instagram ( Studi Pengguna Instagram Mahasiswa Telkom University Periode 2018/2019)

CELINE CRISTIANA

Informasi Dasar

20.04.3816
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Instagram merupakan salah satu media sosial yang termasuk dalam perkembangan teknologi komunikasi. Peneliti melihat bahwa banyak mahasiswa yang menggunakan media sosial Instagram. Dalam penelitian ini, responden yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Telkom periode 2018-2019 yang menggunakan Instagram. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui bagaimana Hubungan Motif Penggunaan Media dan Kebutuhan Pengguna media Instagram (Studi Pengguna Instagram Mahasiswa Telkom University Periode 2018-2019). Dalam penggunaan teori komunikasi, peneliti menggunakan teori Uses and Gratification sebagai pedoman penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner pada 100 responden dengan menggunakan skala pengukuran interval dengan jenis skala Likert. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Person Product Momment. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan positif yang sangat kuat. Hal ini berarti semakin tinggi motif sesorang dalam penggunaan media Instagram, maka semakin tinggi juga kebutuhan dalam penggunaan media Instagram. Karena data yang diperoleh nilai koefisiensi korelasi (r) sebesar 0,887. Dalam perhitungan statistik taraf yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5% (taraf kepercayaan 95%) lalu N (jumlah responden) adalah 100, maka rtabel = 0.195.

Kata kunci : New Media, Hubungan, Motif, Kebutuhan Pengguna media, Instagram.

Subjek

NEW MEDIA
 

Katalog

Hubungan Motif Penggunaan Media dan Kebutuhan Pengguna Media Instagram ( Studi Pengguna Instagram Mahasiswa Telkom University Periode 2018/2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CELINE CRISTIANA
Perorangan
Kharisma Nasionalita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SK812326 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini