Evaluasi Website Commonwealth Life Menggunakan Metode Web Usability Evaluation Tool (WEBUSE) dan ImportancePerformance Analysis (IPA)

TIRA VIERI ANDRIAN

Informasi Dasar

20.04.3722
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Website merupakan salah satu sumber informasi yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Sehingga membuat penggunanya bisa mencari informasi lebih mudah. Commonwealth Life telah memiliki sistem informasi berbasis website untuk memberikan informasi dan juga melayani nasabah. Akan tetapi menurut hasil wawancara dengan pihak Commonwealth Life, terdapat permasalahan dan keluhan dari nasabah yang merasa kesulitan dalam penggunaan website dan tidak nyaman dengan tampilan website ketika diakses menggunakan smartphone. Website Commonwealth Life ini belum pernah dievaluasi. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dilakukan evaluasi untuk mengetahui permasalahan yang terdapat pada tampilan desain website saat ini dan merancang desain perbaikan. Metode evaluasi yang digunakan adalah Web Usability Evaluation Tool (WEBUSE). Hasil dari evaluasi WEBUSE akan dianalisis menggunakan Importance–Performance Analysis (IPA). Berikutnya, hasil analisis IPA akan digunakan untuk merancang desain perbaikan. Pembahasan penelitian ini mulai dari observasi, evaluasi desain awal, pembuatan rancangan desain perbaikan, dan evaluasi desain perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kinerja website saat ini memiliki nilai rata – rata sebesar 3.37 sedangkan pada desain perbaikan terjadi peningkatan yaitu sebesar 4.45. Hasil evaluasi IPA website saat ini terdapat 10 permasalahan yang masuk dalam kuadran concentrate here. Untuk desain perbaikan 10 permasalahan tersebut mengalami peningkatan dan masuk dalam kuadran keep up the good work.

Kata kunci: website, evaluasi ,WEBUSE, IPA

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

Evaluasi Website Commonwealth Life Menggunakan Metode Web Usability Evaluation Tool (WEBUSE) dan ImportancePerformance Analysis (IPA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIRA VIERI ANDRIAN
Perorangan
Sri Widowati, Jati H. Husen
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini