PENGUKURAN KADAR KOLESTEROL DARI CITRA MATA MENGGUNAKAN FUZZY LOCAL BINARY PATTERN (FLBP) DAN REGRESI LINEAR

SHAFIRA NUR ANDANA

Informasi Dasar

20.04.3685
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang dihasilkan dari dalam tubuh dan zat makanan. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kandungan kolesterol dalam darah berlebihan, maka akan menyebabkan timbulnya penyakit. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, biasanya dilakukan cek laboratorium dengan mengambil sampel darah. Namun, dalam dunia kedokteran iridologi adalah suatu teknik analisis penyakit dan kelemahan tubuh berdasarkan bentuk dan struktur dalam iris mata. Salah satu penyakit yang dapat dianalisis melalui iris mata adalah kolesterol.

Kolesterol, melalui iris mata ditandai dengan adanya perubahan pola iris yang disebut Arcus Senilis. Arcus Senilis disebabkan oleh endapan lipid di lapisan dalam kornea periferal, sering dikaitkan dengan kolesterol dalam darah tinggi. Untuk melihat cincin kolesterol pada mata tidaklah mudah, karena setiap orang memiliki struktur iris yang berbeda-beda, sehingga menjadi suatu ciri identifikasi pada seseorang.

Pada tugas akhir ini telah dirancang sistem pengukuran kadar kolesterol melalui citra mata. Sehingga dapat memudahkan seseorang dalam mendeteksi dini kadar kolesterol. Proses yang dilakukan dimulai dari pengambilan 60 citra mata latih dan 30 citra mata uji menggunakan kamera handphone. Kemudian hasil foto tersebut dilakukan proses ekstraksi ciri menggunakan Fuzzy Local Binary Pattern (FLBP) dan memperoleh operator FLBP terbaik yaitu sampling point 8 dan radius 4 dengan F=7. Setelah itu, nilai ciri yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear untuk mendapatkan pemodelan pengukuran. Hasil pemodelan pengukuran tersebut yang akan digunakan untuk mengetahui kadar kolesterol. Nilai Standard Error of Estimate yang dihasilkan pada penelitian ini masih cukup besar yaitu 38,28 untuk 30 citra uji dengan waktu komputasi 11 detik untuk setiap citra uji.

Kata Kunci: Fuzzy Local Binary Pattern (FLBP), Regresi linear, Iris, Kolesterol.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

PENGUKURAN KADAR KOLESTEROL DARI CITRA MATA MENGGUNAKAN FUZZY LOCAL BINARY PATTERN (FLBP) DAN REGRESI LINEAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHAFIRA NUR ANDANA
Perorangan
Ledya Novamizanti, I Nyoman Apraz Ramatryana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini