ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL ACCOUNTING DAN INVOICE MANAGEMENT BERBASIS ODOO DENGAN STANDARD UJI KUALITAS ISO/IEC 25010:2011 (STUDI KASUS: RUMAH MAKAN AYAM BOSS MERAPI)

HARYASENA PANDUWIYASA

Informasi Dasar

20.04.3624
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ayam Boss Merapi adalah rumah makan berbasis Usaha Mikro Kecil (UMKM) yang sedang berkembang pesat di dunia kuliner Kabupaten Bandung. Makanan yang dihasilkan oleh rumah makan Ayam Boss Merapi terdiri dari berbagai macam olahan ayam, yang dilengkapi dengan banyak varian jenis sambal yang menggugah selera. Salah satu proses bisnis yang ada pada rumah makan Ayam Boss Merapi adalah proses pencatatan dan pencetakan hasil transaksi, yang di dalam nya meliputi hasil transaksi penjualan makanan kepada pelanggan, pencatatan pembelian bahan baku dari suplier, hingga proses pencetakan faktur yang dimana menjadi bukti bahwa transaksi telah dilaksanakan dan di rekap secara realtime. Rumah Makan Ayam Boss Merapi menggunakan sistem yang bersifat semi-manual dalam memenuhi kebutuhan bisnis, khususnya bagian operasional. Permasalahan yang muncul pada bagian Invoicing dan Accounting adalah ketika belum adanya teknologi yang dipakai rumah makan Ayam Boss Merapi dalam mencetak faktur dan belum ada pula teknologi yang dipakai rumah makan dalam merekap dan mengintegrasi data hasil penjualan maupun pembelian bahan baku yang dibutuhkan rumah makan. Akibatnya, rumah makan Ayam Boss Merapi sering kali mengalami kendala dalam merekap pendapatan bersih yang diraup selama berjualan dan proses pencatatan data transaksi tidak dapat di rekam secara akurat karena data yang tidak terintegrasi secara real time. Melihat permasalahan ini, maka dibutuhkan sebuah teknologi dan sistem yang dapat mengotomasi aktivitas proses bisnis rumah makan Ayam Boss Merapi. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang bersifat open source merupakan solusi dari permasalahan yang terjadi di rumah makan Ayam Boss Merap. Mengingat bahwa rumah makan Ayam Boss Merapi masih dalam proses berkembang, maka diperlukan sistem ERP dengan biaya yang terjangkau dan mudah diterapkan, oleh sebab itu, dipilih lah Odoo sebagai software open source yang dapat membantu permasalahan rumah makan Ayam Boss Merapi. Pembangunan sistem Odoo menggunakan metode QuickStart. Metodologi ini dapat membantu proses implementasi selesai dengan waktu yang cepat dan biaya yang terjangkau, yang dapat disesuaikan dengan proyek berjalan. Tujuan akhir dari pengembangan sistem ERP modul accounting dan invoice management pada rumah makan Ayam Boss Merapi adalah, untuk membantu rumah makan dalam mencatat dan mencetak data transaksi secara realtime, mengintegrasi seluruh data penjualan secara efektif dan efisien, memonitor utang dan piutang usaha yang pada periode aktif dan perhitungan ikhtisar laba-rugi yang terotomasi. Sebagai acuan keberhasilan implementasi sistem ERP, pengujian black box testing dilakukan dengan model standardisasi ISO 25010:2011.

Kata Kunci: Invoice, Invoice Management, Accounting, ERP, Odoo, Metodologi QuickStart, Black Box Testing, ISO 25010:2011

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL ACCOUNTING DAN INVOICE MANAGEMENT BERBASIS ODOO DENGAN STANDARD UJI KUALITAS ISO/IEC 25010:2011 (STUDI KASUS: RUMAH MAKAN AYAM BOSS MERAPI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARYASENA PANDUWIYASA
Perorangan
Warih Puspitasari S., Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini