Aplikasi Berbasis Web Penjadwalan Produksi Menggunakan Pendekatan Earliest Due Date untuk Menentukan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku (Studi Kasus: CV. Duta Mandiri, Tanggerang)

ASMAR BASTA

Informasi Dasar

20.06.526
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak: CV. Duta Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur injeksi plastik. dalam proses perencanaan produksi, CV. Duta Mandiri akan melakukan produksinya apabila perusahaan telah menerima pesanan dari pelanggan, sehingga CV. Duta Mandiri tidak memerlukan gudang untuk menyimpan bahan baku dikarenakan bahan baku yang dimiliki akan langsung diproses menjadi produk jadi. Dalam kasus tersebut, CV. Duta Mandiri melakukan proses produksi menggunakan bahan baku masih kurang efektif. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya manajemen dalam pengelolaan perencanaan pembelian bahan baku yang kurang terjadwal. Dengan kondisi tersebut, dapat berpengaruh pada keefektifan biaya yang dikeluarkan pada saat penyediaan bahan baku. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah aplikasi berbasis web untuk mengelola perencanaan produksi pembelian bahan baku dengan pendekatan Material Requirement Planning (MRP) berdasarkan Due Date pesanan. Fungsionalitas dari aplikasi yang dibangun dapat menghasilkan informasi berupa jumlah bahan baku yang harus dibeli berdasarkan setiap periodenya, jadwal pemesanan, serta jurnal umum dan buku besar atas transaksi pemesanan dan pembelian yang dilakukan. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter serta menggunakan MySQL sebagai penyimpanan database nya. Aplikasi ini diuji dengan menggunakan metode black box testing untuk memastikan aplikasi yang dibuat ini berjalan dengan semestinya Kata Kunci: Bahan Baku, Material Requirement Planning, Perencanaan Produksi, Earliest Due Date, Aplikasi Berbasis Web, Framework CodeIgniter.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Penjadwalan Produksi Menggunakan Pendekatan Earliest Due Date untuk Menentukan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku (Studi Kasus: CV. Duta Mandiri, Tanggerang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASMAR BASTA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini