Aplikasi Penentuan Tarif Kamar Mempertimbangkan Fasilitas Kamar dengan Pendekatan Activity Based Costing (Studi Kasus: Favel Hotel Braga, Bandung)

YUNI ZAHARA SARI BR HASIBUAN

Informasi Dasar

20.06.499
657.0285
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Favehotel Braga merupakan salah satu perusahaan jasa yang beralamat di jalan Braga City Walk Entertainment Complex Jalan Braga No 99-110 Bandung. Jasa utama hotel adalah pelayanan kamar. Favehotel Braga melakukan pembagian yang rata terhadap pembiayaan untuk beberapa fasilitas dan pelayanan kamar. Namun, jika ditelusuri lebih jauh setiap kamar memiliki perbedaan aktivitas-aktivitas yang akan dikeluarkan di setiap tipe kamarnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun Aplikasi Penentuan Tarif Kamar Mempertimbangkan Fasilitas Kamar dengan Pendekatan Activity Based Costing. Aplikasi dibangun dengan menggunakan prototyping dengan pengembangan Software Development Life Cycle (SDLC), proses perancangan dengan menggunakan pemodelan sistem Unified Modeling Languange (UML), dan perancangan skema database menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), serta bahasa pemrograman menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter, dan database MySQL. Fungsionalitas berjalan 100% setelah dilakukan pengujian dengan membandingkan antara perhitungan manual dengan perhitungan dalam aplikasi, dan diujikan dengan black box testing. Setelah diimplementasikan, aplikasi mampu menampilkan data cost driver, data kamar, data aktivitas, data bobot cost pool, mencatat data transaksi pendapatan, dan transaksi pengeluran, menampilkan jurnal umum, buku besar, rekapitulasi data kamar, rekapitulasi pengeluaran kamar, perhitungan cost pool rate, laporan biaya operasional ABC kamar, beserta laporan laba rugi.

Kata Kunci: Aplikasi Berbasis Web, UML, Black Box Testing, Activity Based Costing

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Penentuan Tarif Kamar Mempertimbangkan Fasilitas Kamar dengan Pendekatan Activity Based Costing (Studi Kasus: Favel Hotel Braga, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNI ZAHARA SARI BR HASIBUAN
Perorangan
Asti Widayanti, Irna Yuniar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini