Aplikasi Berbasis Web untuk Pencatatan Penjualan Kaos dan Penyusunan Laporan Laba Rugi (Studi Kasus: CV. Mitun Production, Baleendah, Bandung)

PUTRI ATIKA SURYA SAKINAH

Informasi Dasar

20.06.495
657.0285
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

CV. Mitun Production merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang konveksi kaos. Pelayanan yang di berikan oleh CV. Mitun Production antara lain yaitu pemesanan kaos dan penjualan kaos. Perusahaan ini hanya menjual khusus untuk kaos polos. CV. Mitun Production ini telah berdiri sejak tahun 1998, yang saat ini berada di Jl. Terusan Bojongsoang, Mekarsari No.009 RT. 01/RW. 22, Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Sistem penjualan yang ada pada toko ini dilakukan secara tunai. Pada saat mencatat transaksi seperti transaksi penjualan, transaksi retur penjualan, dan transaksi pengeluaran beban CV. Mitun Production masih menggunakan pencatatan yang sangat manual. Mulai dari pencatatan transaksi penjualan yang hanya dicatat di nota penjualan dan buku penjualan. Setiap terjadi transaksi pengeluaran beban tidak pernah dicatat setiap bulannya, sehingga besar pengeluaran beban tidak bisa diketahui dengan detail. Selain itu, untuk transaksi retur penjualan juga tidak dilakukan pencatatan pada saat pelanggan melakukan pengembalian barang. Toko ini juga tidak membuat laporan keuangan pada setiap bulannya. Semua transaksi yang masih dihitung secara manual ini memiliki kemungkinan besar terjadi kesalahan. Sehingga hal ini bisa sangat berdampak buruk dalam pembuatan laporan penjualan, laporan retur penjualan, dan laporan laba rugi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuatlah aplikasi berbasis web dengan teknik berorientasi objek menggunakan metode pengerjaan prototype. Kebutuhan yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah dengan menggunakan database MySQL, CodeIgniter, dan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi yang telah dibuat dapat menangani transaksi penjualan, transaksi retur penjualan, transaksi pengeluaran beban, catatan akuntansi, dan laporan keuangan yang diperlukan oleh CV. Mitun Production.

Kata Kunci: Penjualan, MySQL, Retur Penjualan, PHP, CodeIgniter

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pencatatan Penjualan Kaos dan Penyusunan Laporan Laba Rugi (Studi Kasus: CV. Mitun Production, Baleendah, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI ATIKA SURYA SAKINAH
Perorangan
Renny Sukawati, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini